Dalam meningkatkan penjualan, kita memperbolehkan penjualan kredit. Yang dimaksud penjualan kredit adalah bahwa pembayaran bisa dilakukan belakangan setelah pembeli memiliki barang yang kita jual. Jadi pelanggan bisa melakukan pembelian dahulu kemudian membayar belakangan.

Di satu sisi penjualan kredit ini mempunyai peluang meningkatkan penjualan karena akan diakui sebagai revenue atau pendapatan meskipun pelanggan belum melakukan pembayaran. Di sisi lain akan menjadi bahaya kalau ternyata kredit ini macet alias pelanggan tidak  segera melakukan pembayaran, dengan demikian pembayaran dari pelanggan tidak sesuai harapan kita. Jika banyak penjualan, tetapi sedikit arus kas yang masuk maka akan membahayakan perusahaan karena perusahaan bisa kekurangan aset kas untuk membiayai operasionalnya. Untuk itu perlu dilakukan cara agar pelanggan dapat segera melakukan pembayaran.

Untuk mempercepat pembayaran, kita dapat memberikan diskon khusus jika pelanggan membayar dalam jangka waktu yang telah disepakati. Cara pembayaran ini dikenal dengan nama Term of Payment (TOP).
Contoh Term of Payment ini adalah 2/10,n/30 yang artinya:
Pembayaran dapat dilakukan maksimum 30 hari sejak barang diterima, kemudian jika pembayaran dilakukan dalam 10 hari, maka pelanggan mendapatkan diskon sebesar 2%. Dengan cara ini diharapkan pelanggan cepat membayar untuk mendapatkan diskon 2%.

Tentunya pelanggan menghitung apakah 2% ini berharga atau tidak.
Misal pelanggan membayar pada hari ke 10 dan mendapat diskon 2%.
Jika membayar hari ke 30 maka tidak mendapat diskon. Dengan kata lain , jika kita membayar lebih awal (30-10) hari maka kita menghemat 2%. Jika dalam 20 hari kita menghemat 2% dalam 20 hari maka jika dalam 365 hari maka kita menghemat lebih dari 36%.

Atau sebagai kesimpulan, jika kita membayar lebih awal maka kita menghemat sebesar 36% (jika di setahunkan).
Jika kita tidak membayar lebih awal, maka kita mungkin mendapat bunga bank sebesar 10% (jika disetahunkan). Terlihat kita lebih baik menghemat 36% daripada hanya mendapat bunga 10%.

Jika transaksi pemjualan sebesar 100.000 maka pembukuannya adalah

Kas 98.000  
Diskon Penjualan 2.000  
Penjualan   100.000

Account Diskon Penjualan ini merupakan kontra account dari Penjualan. Tujuannya saat laporan income statement akan memperngaruhi nilai Net Sales atau Penjualan bersih.

Informasi lebih lanjut mengenai Term of Payment atau TOP dapat dibaca di http://www.proweb.co.id/articles/erp/mengenal_top.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Early payment dalam pembayaran pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday