Dalam perusahaan dagang dan manufacture ada dua hal penting yang menjadi perhatian berkaitan dengan inventory yaitu
1. Kualitas produk yang dijual
2. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan atau membuat produk tersebut.

Dalam akuntansi hal ini tercantum dalam laporan keuangan:

  1. Income Statement
    Pada COGS atau Cost of Goods Sold. Cost of Good Sold ini akan mengurangi Net Sales atau COGS akan mengurangi penjualan bersih. Jadi jika COGS tinggi maka Net Sales akan tergerus, hal ini maka salah satu konsentrasi dari manajemen adalah mengurangi COGS supaya margin bisa naik.
      
  2. Balance sheet
    Inventory termasuk aset dalam Balance Sheet. Posisi Inventory biasanya setelah Kas dan Piutang. Urutan ini menunjukkan seberapa mudah aset ini dicairkan.

Tujuan inventory management adalah memiliki jumlah stok berkualitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan-pelanggannya dan pada saat yang meminimalkan biaya pengadaan inventory ini. Biaya inventory ini meliputi pembelian, sewa gudang, listrik gudang, keusangan, biaya peminjaman dan lain-lain.

Mempunyai stok yang sedikit pada saat permintaan banyak akan membuat pelanggan kecewa dan juga perusahaan kehilangan banyak penjualan dan kehilangan banyak keuntungan tentunya.
Di sisi lain, memiliki banyak stok tetapi permintaan sedikit akan memakan banyak biaya untuk pengadaan inventory tersebut.

Sistem akuntansi dalam menangani inventory harus mampu:

  1. Memberi catatan yang akurat
    Sistem akuntansi harus mencatat dengan akurat transaksi-transaksi terkait inventory.
     
  2. Menyediakan informasi yang uptodate atau realtime
    Sistem informasi akuntansi juga harus dapat menyediakan informasi yang selain akurat harus uptodate atau terbaru untuk membantu manajemen melakukan inovasi dan pengambilan keputusan strategis lainnya.
      
  3. Mencegah pencurian atau penyalahgunaan inventory
    Inventory adalah aset perusahaan yang relatif mudah dicairkan. Perusahaan perlu membuat SOP (Standard Operating Procedures) untuk mencegah pencurian atau penyalahgunaan inventory.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Inventory dalam bisnis
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday