Dalam memberikan layanan penjualan kepada pelanggan kita berusaha memberikan layanan yang terbaik. Tetapi meskipun kita sudah melakukan yang terbaik, ada kemungkinan kita salah mengirim barang atau barang mengalami kerusakan saat sampai kepada pelanggan. Jika barang rusak maka pelanggan berhak mengembalikan barang yang rusak. Dengan pengembalian barang dari pelanggan ini tentu saja juga akan mengurangi tagihan dari pelanggan dan ini berarti mengurangi penjualan bersih kita.

Misal kita mempunyai produk kursi kantor dengan harga sebesar  Rp 100.000. Kemudian kita menjual 100 kursi kepada suatu perusahaan A.
Ternyata saat sampai kepada perusahaan A tersebut 10 kursi mengalami lecet-lecet. Karena lecet-lecet maka perusahaan A itu mengembalikan 10 kursi.

Pembukuannya adalah

AR 9.000.000  
Sales returns and allowances 1.000.000  
Sales Revenue   10.000.000

 

Account Sales returns and allowances ini merupakan kontra account dari Penjualan. Tujuannya saat laporan income statement akan mempengaruhi nilai Net Sales atau Penjualan bersih.

Jika perusahaan A dekat dengan perusahaan kita, maka dengan mudah dan murah mereka akan mengembalikan barang. Bagaimana jika ternyata perusahaan A jauh dari perusahaan kita dan ongkos kirimnya sangat mahal ? Perusahaan dapat menawarkan supaya barang tidak perlu dikembalikan tetapi ada pengurangan tagihan misalnya sebesar 500.000 karena sebenarnya kursi juga masih bisa digunakan. Dalam kasus ini pembukuannya

AR 9.500.000  
Sales returns and allowances 500.000  
Sales Revenue   10.000.000

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Sales Return and Allowances
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday