VirtualBox merupakan produk virtualisasi yang sangat bagus baik digunakan di perusahaan maupun di rumah. Dan bagusnya lagi, selain merupakan produk yang berkualitas tinggi, VirtualBox ini bisa didowload dan digunakan secara bebas dan tidak ada pungutan biaya dari pihak Oracle.

VirtualBox dapat diinstall pada Windows, Linux, Macintosh maupun Solaris. VirtualBox juga mendukung banyak guest operating system baik Windows, Linux, Solaris, OS/2, OpenBsd dan lain sebagainya. Untuk mendownload dan menginstal VirtualBox kita dapat mengunjungi halaman download yang ada di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads .

VirtualBox ini sebaiknya diinstall pada lingkungan 64 bit supaya guest operating system yang 64 bit dengan mudah dijakankan. Pengalaman saya yang menggunakan Windows 7 yang 32 bit tidak dapat menjalankan guest operating system Linux yang 64 bit.

Kegunaan virtualisasi antara lain:

  1. Kita dapat menginstal banyak operating system pada komputer kita.
    Kita dapat menginstal banyak guest operating system pada VirtualBox.
     
  2. Memudahkan instalasi aplikasi
    Untuk aplikasi yang rumit setingnya misalnya mail server, kita dapat dengan mudah menginstall virtual machine dibandingkan kita harus menginstall satu per satu jika menggunakan server fisik.
     
  3. Memudahkan backup dan recovery
    Dengan menggunakan virtualisasi kita dapat dengan mudah melakukan backup suatu virtual machine dan menginstall di tempat lain dengan cepat. Bandingkan kalau server fisik kita rusak, maka memindahkan data dan aplikasi dari satu server ke sever lain bisa memerlukan waktu berjam-jam.
     
  4. Manajemen infrastruktur yang lebih optimum
    Dengan menggunakan vurtualisasi maka bisa listrik untuk server dan untuk pendinginan dapat jauh ditekan.

Informasi lebih lanjut silahkan menunjungi
1. https://www.virtualbox.org/ .
2. http://download.virtualbox.org/virtualbox/UserManual.pdf .
3. https://www.virtualbox.org/manual/ .
4. https://www.virtualbox.org/manual/ch01.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Oracle VirtualBox
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday