Articles

Memahami LFD pada CSF

Untuk mengamankan server cPanel, kita mungkin menggunakan CSF (Config Server and Firewall). Pada CSF ini juga telah ada LFD (Login Failure Daemon). Kita mungkin sudah biasa melakukan seting-seting LFD dan CSF namun kita mungkin juga kebingungan dalam memahami setingnya. Saat ini kita akan mempelajari LFD (Login Failure Daemon) pada CSF (Config Server and Firewall).

LFD atau Login Failure Daemon ini merupakan proses daemon yang memantau log file setiap sekian detik untuk memantau kegagalan login dari suatu IP. Kegagalan login yang terus-menerus ini akan dicurigai sebagai serangan untuk mendapatkan username dan password. Dengan setting tertentu kita akan mendefinisikan mana yang disebut kegagalan manusiawi dan mana yang disebut serangan.

Untuk seting LF_ misalnya akan mendefinisikan berapa kali kegagalan yang akan mentrigger LFD untuk melakukan blok terhadap IP tersebut. Kemudian kalau ada _PERM berarti berapa detik akan diblok, kalau diisi 1 berarti akan diblok secara permanen.

Dengan pemahaman ini kita dapat mengerti seting LF_POP3D, LF_POP3D_PERM, LF_SMTPAUTH, LF_SMTPAUTH_PERM, LF_IMAPD, LF_IMAPD_PERM.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. https://download.configserver.com/csf/readme.txt .
2. https://docs.danami.com/juggernaut/settings/login-failure-daemon/login-failure-blocking .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other cPanel Articles:
Mengubah theme cPanel menjadi responsif
Memahami LFD pada CSF
Seting FTPS server pada cPanel
Prinsip setting CDN untuk website kita
Sub domain dengan document root di luar public_html
Memahami Apache Virtual Host pada cPanel
Cron job pada server cPanel
Mengarahkan MX Entry melalui cPanel
Authoritative answer pada DNS cPanel
Membuat account email cPanel pada theme paper lantern
Mengaktifkan cPanel DV SSL Cerfificate