Dalam mengelola webhosting dengan cPanel kita pasti akan membackup hosting dari client-client kita. Backup bisa dilaksanakan harian, mingguan dan bulanan. Jika kita melakukan ketiganya maka secara logika hasil backup kita akan menggunakaan space sebesar 3 kali dari data asli client-client kita, dengan demikian hasil backup akan menggunakan space yang cukup besar. Oleh karena itu kita harus memperhatikan penggunaan space hardisk yang digunakan dalam aktivitas backup.

Secara umum hasil backup cpanel akan masuk ke partisi /backup pada folder cpbackup atau secara lengkap /backup/cpbackup. Di dalam folder ini ada folder daily yang merupakan isi dari backup harian, weekly yang merupaan backup mingguan dan monthly yang merupakan backup bulanan.

Kita dapat mengoptimalkan backup bulanan dan mingguan, sedangkan harian tidak perlu karena berarti kita harus melakukannya per hari. Untuk mengoptimalkan backup bulanan kita dapat melakukannya tiap bulan, untuk mengoptimalkan backup mingguan kita perlu seminggu sekali melakukan optimalisasi.

Pada saat melakukan backup, ada folder-folder yang berisi temporary file yang belum terhapus. Folder-folder inilah yang harus kita bersihkan. Folder ini bernama user.0, user.1 dan seterusnya. Untuk melakukan deleting kita bisa menggunakan perintah rm -rf user.0, kemudian rm -rf user.1 dan seterusnya. Setelah folder-folder temporary ini berhasil dihapus maka kapasitas yang tersedia pada hardisk kita akan naik kembali.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengoptimalkan backup folder cPanel
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday