Articles

Sub domain dengan document root di luar public_html

Mungkin kita pernah mau membuat sub domain di mana document rootnya mau kita manage sendiri. Untuk mengerjakan ini kita akan masuk cPanel kemudian membuat sub domain dan mengisi folder di luar public_html. Tetapi pernahkan kita mengalami bahwa document root yang diset selalu di dalam public_html ?

Kita mungkin mau mengganti theme karena takut ada setting yang beda. Ternyata ini juga tidak menyelesaikan masalah. Kemudian kita masih mengingat bahwa kita sebelumnya mudah membuat sub domain dengan document root di luar public_html. Kemudian kita mengingat apa kira-kira yang membuat cPanel selalu membuat document root berada di dalam /public_html.

Setelah kita menelusuri bagaimana kita melakukan manajemen server, kita mengingat bahwa masalah ini terjadi pada server baru. Kemudian terpikir kira-kira apa ada setingan di cPanel yang membuat pembuatan sub domain selalu berada di dalam /public_html.

Kemudian kita mencoba mencari-cari setting tersebut. Ternyata setting tersebut ditemukan dalam WHM cPanel pada menu :
Server Configuration - Tweak Setting - Domains - Restrict document roots to public_html dan dipilih Off. Silahkan diklik Save dan kita bisa membuat sub domain dengan document root di luar public_html.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other cPanel Articles:
Mengubah theme cPanel menjadi responsif
Memahami LFD pada CSF
Seting FTPS server pada cPanel
Prinsip setting CDN untuk website kita
Sub domain dengan document root di luar public_html
Memahami Apache Virtual Host pada cPanel
Cron job pada server cPanel
Mengarahkan MX Entry melalui cPanel
Authoritative answer pada DNS cPanel
Membuat account email cPanel pada theme paper lantern
Scan email realtime dengan ClamAv di cPanel