Articles

Assembly pada C#

Kalau kita mempelajari frase yang digunakan, maka kita dapat memahami assembly ini sebagai penggabungan. Pada pemrograman dengan bahasa C# ini, assemblies merupakan deployment unit dari aplikasi .NET . Assembly ini biasa menggunakan extension EXE atau extension DLL.

Pada assembly dengan teknologi .NET ini, assembly memiliki informasi metadata yang dicantumkan pada assembly itu sendiri.  Pada setiap assembly akan ada informasi metadata yang melekat pada assembly sendiri. Assembly akan memiliki metadata sendiri yang merupakan penyusun dari assembly tersebut. Metadata itu adalah semua type dari assembly, informasi member, informasi method, informasi property, informasi events dan field.

Metadata dalam assembly juga menyediakan informasi file-file milik assembly, informasi dari versi assembly, dan informasi terinci mengenai assembly-assembly yang digunakan. Assembly merupakan unit instalasi yang dengan jelas menjelaskan dirinya apakah terdiri dari satu atau beberapa file. Sebuah assembly dapat terdiri dari sebuah DLL atau EXE file. Sebuah assembly juga bisa berisi banyak file yang berbeda misalnya resources file, modules dan sebuah file EXE.

Assembly dapat bersifat private atau shared. Dari istilahnya kita dapat memahami bahwa assembly yang bersifat private berarti digunakan oleh aplikasi kita sendiri dan tidak digunakan oleh aplikasi lain. Dan untuk shared assembly kita dapat memahami bahwa assembly yang dibuat digunakan untuk aplikasi kita dan juga aplikasi pihak lain. 

Assembly yang bersifat private lebih fleksibel pengelolaannya karena tidak hanya aplikasi kita sendiri yang melakukan. Kita dapat mengubah pemrograman kita menurut apa yang kita pandang baik. Tidak aturan yang ketat dalam melakukan pemrograman.

Assembly yang bersifat shared harus hati-hati dalam pemrograman karena akan digunakan pihak lain. Di sini kita harus berhati-hati supaya orang lain dapat menggunakan assembly kita dengan lancar. Ada aturan yang cukup ketat dalam pengembangan shared assembly.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Pemrograman C# Articles:
Menyimpan konfigurasi program ke XML pada C#
Debug dan release pada C#
Menangani parameter pada C#
Object Oriented Programming (OOP) dengan C#
Mengunakan assembly pada C#
Assembly pada C#
Simulasi post request pada C#
Menyimpan log ke file pada C#
Array tanpa ukuran pada C#
Menghilangkan namespace yang tidak perlu pada C#
Implementasi interface di C#