Pada artikel sebelumnya telah disinggung modifiers pada method. Modifiers pada method ini berguna untuk menambahan informasi pada method. Tentu saja bukan hanya informasi, tetapi juga dijalankan sesuai informasi yang diberikan.

Modifiers dalam C# antara lain

  1. new
    Maksudnya new di sini adalah class turunan membuat method yang baru dengan nama yang sama dengan yang ada di parent class. Dengan menambahkan modifiers new berarti kita dengan sadar membuat method dengan nama yang sama dengan parentnya.
    Contoh adalah:
    public new  int jmlDowline()
    {
    }
      
  2. static
    Method static ini merupakan method yang dishare kepada semua instance misalnya
    public static int jmlPegawai()
    {
    }
     
  3. virtual and overide
    Dengan modifiers virtual ini, maka class turunan harus melakukan overide terhadap method ini.
     
  4. sealed
    Dengan memberikan modifier sealed, maka ini memberitahukan bahwa method ini tidak bisa dioverride oleh class turunannya. Tentu saja kalau kita mencoba melakukan overiide akan gagal.
     
  5. abstract
    Kita memahami abstract seperti masih konsep. Jadi harus ada turunan dari class abstract yang membuat bodinya. Saat kita melakukan pemrograman kita harus membuat instance dari turunannya, tidak bisa membuat instance dari class abstract tersebut.
  6. extern
    Modifiers extern menyatakan bahwa definisi dari method itu berada di luar.

Dengan memahami modifiers-modifiers ini akan membantu kita dalam belajar pemrograman C#. Kita biasanya belajar sambil mencoba source-source code yang diajarkan oleh sebuah buku tutorial. Jika kita bisa memahami dengan benar maka akan memudahkan kita memiliki gambaran yang menyeluruh mengenai bahasa pemrograman yang kita pelajari.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Modifiers pada C#
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday