Dalam membuat method saat meengembangkan aplikasi dengan C# kita mungkin akan menentukan parameter-parameter untuk method tersebut. Parameter-parameter tersebut ada yang wajib diberi nilai dan ada yang boleh tidak ditentukan nilainya. Kemudian ada lagi aturan bahwa parameter yang harus diisi diletakkan di bagian depan dan parameter yang boleh tidak diisi diletakkan pada bagian belakang. Jika banyak parameter yang diset untuk method ini, maka pemanggilan method harus hati-hati supaya tidak tertukar antara satu parameter satu dengan yang lain. Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan named argument dalam mengakses method C#.

Sebagai contoh suatu method seperti berikut ini:
public void daftarTagihanJatuhTempo(int totHari, int salesId=0, int Area=0, bool dicetak=false ).
Pada contoh di atas totHari harus diisi dengan jelas, sedangkan parameter lai yaitu salesId, Area dan dicetak boleh diisi boleh juga tidak.

Pemanggilan daftarTagihanJatuhTempo(30,,1,false) tentu salah, sebagai gantinya kita dapat menuliskan argumentnya menjadi
daftarTagihanJatuhTempo(30, Area:1,dicetak:false), atau bisa juga daftarTagihanJatuhTempo(Area:1,dicetak:false,totHari:30) .

Penggunaan named argument untuk parameter-parameter yang panjang akan membantu dalam membuat dan membaca bahasa pemorgraman kita. Tentu untuk method dengan parameter-parameter yang pendek kita tidak perlu menggunakan named argument.

Berkaitan dengan parameter-parameter pada method di pemrograman dengan menggunakan bahasa C#, pada artikel berikutnya kita akan membahas overloading, penggunaan array dan implementasi interface. Kita perlu mengerti hal-hal tersebut baik untuk membuat source code atau membaca source code orang lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Named argument pada C#
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday