Dalam mengembangkan aplikasi menggunakan C# tentu kita sangat memahami pentingnya akurasi penggunaan variabel. Jika isi variabel tidak akurat atau kita tidak akurat menggunakan variabel maka aplikasi kita juga tidak akurat. Di sini kita perlu melihat scope atau batasan variabel menyimpan suatu nilai. Dengan mengerti scope atau batasan suatu variabel menyimpan nilai maka kita bisa merancang penamaan dan penggunaan variabel yang akurat dalam membaca dan menyimpan data.

Pada pemgrograman dengan bahasa C# kita mengenal scope variable yaitu

  1. Block Scope
    Variable yang didefinisikan di didalam { dan } akan berlaku di dalam {dan}.
    Ini tentu akan membantu pemrograman karena tidak akan menganggu variable yang lain meskipun namanya sama. Block scope sangat membantu dalam looping terutama untuk for statement. Tetapi untuk kemudahan kita dalam membaca program kita sebaiknya menggunakan variabel yang berbeda meskipun kita tahu bahwa scope tersebut berada dalam block scope.
      
  2. Method Scope
    Variabel yang didefinisikan di dalam scope method atau function akan berlaku dalam method tersebut. Variabel dalam method scope tidak dapat diakses dari luar method.
     
  3. Class Scope
    Variable dalam class scope dapat diakses oleh method di seluruh class tersebut. Variable dalam class scope juga dapat dirancang dapat diakses oleh kelas turunannya atau dapat diakses di luar class tersebut.

Programmer perlu membatasi variable yang bersifat public supaya tidak banyak mengingat variabel-variabel yang harus secara konsisten digunakan. Jika digunakan dalam public kita tidak dengan mudah mengganti variabel tersebut karena kemungkinan digunakan program di luar class tersebut. Berbeda untuk variabel yang hanya bisa diakses di dalam class maka kita dengan mudah melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Scope variabel pada C#
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday