Dalam membicarakan layout OpenStack yang telah banyak disinggung pada artikel-artikel sebelumnya kita sudah menyinggung mengenai Block Storage node dan juga Object Storage Node. Sebenarnya apakah perbedaan antara Block Storage dan Object Storage yang digunakan oleh OpenStack ini ?

  1. Block Storage
    Dari namanya kita bisa memahami sebagai suatu bagian blok dari dari penyimpanan. Dan dalam pengertian lebih nyata kita dapat memahami sebagai disk yang dimasukkan ke dalam suatu system. Kita mengetahui bahwa disk tentu memiliki kapasitas, demikian juga denga block storage. Block storage ini memiliki pemahaman seperti hardisk-hardisk tersebut. Dengan demikian system yang menggunakan block storage akan mendapatkan suatu storage dengan kapasitas tertentu sesuai yag dipesan. Dalam storage itu kita dapat menuliskan file apa saja seperti kita merasakan memiliki hardisk.
     
    Contoh nyata dari peralatan block storage adalah SAN, iSCSI dan tetu saja hardisk dalam komputer kita. Kemudian saat kita memasuki operating system object storage itu diformat dalam file system seperti FAT32, NTFS, EXT3 maupun EXT4.
      
  2. Object Storage
    Dari namanya kita dapat memahami bahwa storage ini adalah storage khusus untuk penyimpanan object-object. Secara nyata kita dapat menemukan contoh object ini misalnya gambar jpg, gambar gf, musik mp3, video mp4 dan lain-lain.
     
    Contoh dari block storage adalah Amazon S3, Google Cloud Storage, Azure Blob Storage dan Rackspace Cloud Files.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi 
1. http://cloudacademy.com/blog/object-storage-block-storage/ .
2. http://www.biznetgiocloud.com/?p=1238

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Perbedaan block storage dengan object storage
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday