Setelah kita menginstal operating system pada setiap node pada arsitektur yang telah kita pilih, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi network interface. Dari dokumentasi yang ada di Openstack, kita disarankan untuk mendisable network management tools dan secara manual mengedit konfigurasi yang sesuai dengan Linux yang kita gunakan. Sebagai contoh untuk lingkungan linux Redhat kita dapat membaca dokumentasinya di https://access.redhat.com/documentation/en-US/Red_Hat_Enterprise_Linux/7/html/Networking_Guide/sec-Using_the_Command_Line_Interface.html .

Dari informasi yang ada di http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-networking.html memberitahukan kita bahwa semua node memerlukan akses internet untuk kepentingan administrasi seperti instalasi package, security update, DNS dan NTP.  Di dalam banyak kasus, node mendapatkan akses internet melalui management network interface. Untuk menekankan pentingnya pemisahan jaringan, arsitektur private address space (https://tools.ietf.org/html/rfc1918) digunakan untuk management network di mana fisik infrastruktur network menyediakan akses internet melalui NAT (Network Address Translation). 

Pada contoh arsitektur kali ini menggunakan IP Address public static dan menyediakan akses langsung ke internet. Pada arsitektur yang menggunakan jaringan dari provider, semua instances berhubungan langsung dengan jaringan provider. Pada arsitektur yang menggunakan private network, instance-instance berhubungan ke jaringan private bisa juga ke jaringan provider. Self-service network dapat berada dalam Openstackatau dapat juga menyediakan akses ke luar menggunakan NAT melalui jaringan dari provioder.

Dari dokumentasi yang ada di website OpenStack yaitu di http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-networking.html kita mendapatkan contoh layout network seperti gambar berikut ini:

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-networking.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Host networking pada OpenStack
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday