Articles

Pengertian IaaS

Kalau sebelumnya kita telah membahas On Premises, maka kalau kita memperhatikan skema sebelahnya adalah Infrastructur as a Service. Istilah Infrastructur as a Service ini kemudian disingkat menjadi IaaS. IaaS ini akan menggeser beberapa pekerjaan ke Vendor seperti tertuang pada gambar yang kami dapatkan dari http://community.kii.com/t/iaas-paas-saas-whats-that/16 di bawah ini:

Pada skenario Iaas atau Infrastructure as a Service in terlihat bahwa ada pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan atau disediakan oleh vendor. Pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan oleh vendor adalah
a. Perangkat keras server
b. Perangkat keras penyimpanan/storage
c. Perangkat lunak virtualisasi
d. Perangkat jaringan

Kemudian pekerjaan-pekerjaan yang akan dikendalikan oleh pelanggan adalah
a. Pemeliharaan sistem operasi
b. Pemeliharaan aplikasi
c. Pemeliharaan data-data 

Dalam prakteknya kita melihat  perusahaan-perusahaan yang membangun data center dengan perangkat keras dengan kapasitas besar, kemudian dengan bantuan aplikasi virtualisasi maka server yang besar itu dipecah secara virtual dalam server-server virtual dan disewakan kepada pelanggan-pelanggannya. Pelanggan kemudian menggunakan server-server virtual itu melalui jaringan internet. Tentu saja pengguna dapat menginstal aplikasi apa saja ke dalam server-server virtual ini.

Dengan adanya IaaS ini maka departemen IT tidak perlu membangun data center sendiri. Tidak perlu menyediakan ruang tertentu untuk keperluan server. Departemen IT juga tidak perlu takut kalau listrik mari karena semua data berada pada vendor, dan tentu saka departement IT dapat melakukan backup

Di sini secara umum vendor menyediakan perangkat kerasnya, sedangkan pengguna melakukan pemeliharaan perangkat secara virtual dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Dengan cara ini maka ada pergeseran beban kerja dari departemen IT kepada vendor dalam efisiensi biaya dan juga efisiensi waktu.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. http://community.kii.com/t/iaas-paas-saas-whats-that/16
2. https://en.wikipedia.org/wiki/On-premises_software .
3. https://aws.amazon.com/types-of-cloud-computing/ .
4. https://aws.amazon.com/elasticbeanstalk/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Data Center Articles:
Pengertiaan PaaS
Pengertian IaaS
Pengertian on premises
Akses device virtual dengan SPICE
Pengertian Ceph Storage
Pengertian Hypervisor
Keunggulan virtualisasi Proxmox VE
Virtualisasi network pada Proxmox VE
Virtualisasi Disk pada Proxmox VE
Pengertian Virtio
Pengertian RAID