Dalam memahami virtualisasi Proxmox VE kita perlu mengenal storage. Berkaitan dengan storage ini kita akan belajar mengenai Parallel ATA atau juga disingkat PATA. Dari Wikipedia kita mendapatkan informasi bahwa PATA ini merupakan standar antar muka antara peralatan storage dengan komputer. Jadi PATA ini adalah interface standard antara storage misalnya hardisk, floppy disk, CD/DVD ROM dengan komputer.

Parallel ATA ini menggunakan standar ATA (AT Attachment) dan standar ATAPI (AT Attachment Packet Interface). Standar Parallel ATA ini merupakan hasil pengembangan yang cukup lama sejak pertama kali penggunakan PC AT sekitar tahun 1984. Antarmuka ATA cukup berkembang dalam beberapa tingkatan yang berasal dari antar muka IDE (Integrated Drive Electronics) yang dikembangkan oleh Western Digital.

Sebagai hasil dari pengembangan terus-menerus ini maka banyak sinonim dari ATA/ATAPI misalnya EIDE (Extended IDE) dn UATA (Ultra ATA) . Setelah munculnya SERIAL ATA (SATA) pada tahun 2003, maka ATA yang asli ini berubah nama menjadi Parallel ATA atau didingkat  PATA.

Dari https://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_ATA kita mendapatkan gambar seperti berikut ini:


Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_ATA .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Parallel ATA
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday