VMware vSphere menyediakan berbagai macam virtualisasi network yaitu

  1. Virtualisasi jaringan antar virtual machine pada host yang sama
  2. Menghubungkan virtual machine ke jaringan fisik
  3. Bergabung dalam VMkernel yang juga terhubung ke jaringan fisik
  4. Jaringan untuk keperluan antar muka untuk pengelolaan vSphere.

Platform vSphere juga memiliki dua blok logical jaringan yaitu virtual Ethernet adapter dan virtual switch.

Dengan vSphere kita dapat melakukan konfigurasi virtual machine dengan satu atau lebih virtual ethernet adapter dan disajikan kepada guest operating system. Guest operating system akan mengenali virtual ethernet adapter sebagai network card biasa dan menggunakan driver yang sesuai dengan network card tersebut. Beberapa virtual Ethernet adapter dengan kegunaan tertentu untuk optimasi kinerja sesuai dengan guest operating system juga disediakan oleh VMtools.

VMware vSphere juga menyediakan virtual switch yang memungkinkan virtual-virtual machine dalam satu host dapat berkomunikasi satu dengan yang lain menggunakan protokol seperti hanlnya menggunakan physical switch. Virtual switch akan mengemulasikan  jaringan ethernet tradisional yang memforward frame pada layer data link. Sebuah vSphere host dapat memiliki banyak virtual switch dan tentu dalam sebuah switch bisa terdiri dari puluhan, ratusan bahkan lebih dari seribu port.

Fitur dari virtualisasi network ini juga adalah NIOC (Network I/O Control) dan vSphere Distributed Switch (VDS).

NIOC (Network I/O Control) dapat mengatur rules dan pplicy pada setiap virtual machine untuk memastikan aplikasi yang penting mendapatkan prioritas dalam mengakses network. NIOC melakukan pemantauan jaringan secara terus menerus dan jika terjadi congestion maka akan mengalokasikan jaringan ke aplikasi yang dianggap kritikal. Dengan demikian maka akan menjaga keberlangsungan aplikasi penting. Dari https://www.vmware.com/products/vsphere/features/network-io-control.html kita mendapatkan gambar seperti di bawah ini:

Dengan VDS (vSphere Distributed Switch) akan menyederhanakan pembuatan virtualisasi network dalam lingkungan VMware. VDS akan menyederhanakan pengelolaan jaringan dari antar muka yang terpusat untuk melakukan pengelolaan virtual network pada banyak host dan cluster. Informasi lebih lanjut mengenai vSphere Distributed Switch dapat dibaca di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/distributed-switch.html .

Informasi lebih lanjut mengenai virtualisasi dalam VMware silahkan mengunjungi:
1. https://www.vmware.com/products/vsphere/features/network.html.
2. http://www.vmware.com/uk/products/nsx .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Virtualisasi jaringan di VMware vSphere
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday