Setelah kita berhasil membuat sebuah VM pada artikel http://www.proweb.co.id/articles/erp/instalasi_vm_kvm.html , kita melihat bahwa virtual networking yang dihasilkan adalah mempunyai segmen IP 192.168.122.0/24. Kita tentu sudah mempunyai range IP yang akan kita gunakan untuk VM yang akan kita buat. Berikut langkah-langkah untuk membuat range IP sendiri

  1. Membuat virtual networking dengan range IP tersendiri
    Silahkan masuk ke X Windows Server GNOME anda Applications – System Tools – Virtual Machine Manager.

    Silahkan masuk ke Edit – Connection Detail – Virtual Network:

    Silahkan tambahkan network


    dengan tipe Route yang berarti jaringan yang dihasilkan adalah dengan menggunakan logika Routing seperti kita biasa membuat network dengan berbagai segmen. Kita buat virtual network kita terhubung dengan logika route dengan network fisik utama server misal Route ke Eth0.


    Aktifkan virtual network tersebut

  2. Pada menu Virtual Machine Manager, arahkan VM anda ke virtual network tersebut

    Pada Virtual Machine Manager, doble klik, pilih View Detail dan arahkan network cardnya ke virtual jaringan kita tersebut.

  3. Dengan menggunakan Virtual Machine Manager, silahkan login dan sesuaikan ifcfg-eth0 VM tersebut.

    Silahkan pilih Console maka akan muncul tampilan login.
  4. Untuk performance, kita bisa tambahkan network-card fisik yang dipakai untuk virtual network ini misal eth1, membuat sebuah bridge br0, dan eth1 tersebut sebagai bagian dari br0.  Artikelnya adalah http://docs.fedoraproject.org/en-US/Fedora/13/html/Virtualization_Guide/sect-Virtualization-Network_Configuration-Bridged_networking_with_libvirt.html .

Informasi lebih lanjut mengenai virtual networking pada KVM ini silahkan melihat https://access.redhat.com/site/documentation/en-US/Red_Hat_Enterprise_Linux/6/pdf/Virtualization_Administration_Guide/Red_Hat_Enterprise_Linux-6-Virtualization_Administration_Guide-en-US.pdf pada bab 18: Virtual Networking.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Virtual networking pada KVM di Centos 6.5
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday