System cloud terintegrasi membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi antara node-node maupun virtual machine. Secara praktis harus ada system yang dijadikan referensi mengenai waktu yang dibutuhkan. Hal inilah yang menjadi dasar perlunya server untuk memberikan informasi referensi waktu, dan server ini disebut NTP di mana kepanjangannya adalah Network Time Protocol.

Chrony merupakan aplikasi serba guna untuk menyediakan layanan NTP (Network Time Protocol). Dengan menjalankan Chrony, kita dapat mensinkronkan sistem clock pada server kita dengan NTP server. Chrony dirancang untuk bekerja baik dalam berbagai kondisi termasuk koneksi network yang intermitten, kondisi network yang banyak congestion, perubahan suhu, sistem yang tidak berjalan terus menerus dan juga dapat berjalan pada virtual machine.

Seperti pada program Linux pada umumnya, Chrony memiliki dua buah program yaitu chrony dan chronyd. Program chronyd ini merupakan daemon yang akan dijalankan saat boot.

OpenStack juga menerapkan NTP server menggunakan Chrony.  Dari halaman http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-ntp.html dijelaskan bahwa NTP server diinstall pada Controller Node, kemudian node-node yang lain sebagai client untuk mendapatkan layanan terkait system clock.

Informasi yang detail mengenai instalasi Chrony daemon pada Comtroller Node OpenStack dapat dibaca di http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-ntp-controller.html .

Informasi lebih rinci mengenai instalasi Chrony client pada node yang lain dapat dibaca di http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-ntp-other.html .

Kemudian untuk memastikan Chrony client dapat berinteraksi dengan Chrony daemon dapat dibaca di http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-ntp-verify.html .

Informasi lebih lanjut silahka mengunjungi:
1. Pengantar mengenai chrony di https://chrony.tuxfamily.org/ .
2. Implementasi NTP pada OpenStack di  http://docs.openstack.org/mitaka/install-guide-rdo/environment-ntp.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Network Time Protocol dengan Chrony
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday