TLS adalah kependekan dari Transport Layer Security. TLS dan pendahulunya SSL (Secure Sockets Layer) adalah protocol untuk kriptografi untuk menyediakan komunikasi internet yang aman melalui internet. TLS dan SSL menggunakan sertifikat X.509 dalam menyelenggarakan enkripsinya. Enkripsi yang digunakan menggunakan enkripsi asimetris, suatu enkripsi yang menggunakan private key dan public key.

Karena menggunakan X.509, TLS menggunakan certificate authority untuk memastikan enkripsi yang menggunakan public key infrastructure dapat berlangsung dengan aman.

Dalam Internet Protocol, TLS dan SSL melakukan enkripsi pada Application layer. Hasil enkripsi kemudian diberikan ke Transport layer untuk dilanjutkan proses pengiriman datanya. http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Protocol_Suite kita mendapatkan gambar layer dalam Internet Protocol seperti gambar berikut ini:

TLS dan SSL banyak digunakan dalam web browsing, pengiriman  email, penerimaan email dan juga VoIP (voice-over-ip) . Dalam web browsing kita mengenal dengan HTTPS. Dalam pengiriman dan penerimaan email, ada port-port yang digunakan untuk melakukan koneksi TLS/SSL.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Transport_Layer_Security .
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Protocol_Suite .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian TLS (Transport Layer Security)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday