Operasional dari perusahaan dagang adalah membeli barang, memasukkan ke dalam gudang, kemudian menjual barang kepada pelanggan-pelanggannya. Selisih harga barang yang dijual dengan harga belinya itulah sumber keuntungan perusahaan. Hal-hal yang kita perlu pelajari dalam akuntansi persediaan antara lain:

  1. Harga pokok penjualan
    Barang datang akan masuk inventory kemudian dibukukan sebagai aset. Biasanya aset pada piutang dagang untuk transaksi pembelian secara kredit, atau aset pada kas untuk pembelian tunai.
    Pada waktu terjadi penjualan barang, aset terkait akan pindah ke harga pokok harga pokok penjualan. Transaksinya adalah hpp (harga pokok penjualan) pada aset. Pada transaksi penjualan ini juga ada transaksi piutang dagang pada penjualan jika penjualan dilakukan kredit atau kas pada penjualan jika pembayaran dilakukan secara tunai.
     
  2. Unit cost
    Unit cost adalah biaya per satuan barang. Unit cost ini akan memperhitungkan harga barang itu sendiri dan biaya menangani barang tersebut. Biaya penanganan barang misalnya biaya pengiriman, import dan lain-lain
  3. Metode kalkulasi biaya persediaan
    Ada 3 metode cara menghitung persediaan yaitu FIFO(First In First Out), LIFO (Last In First Out), dan Average.
    Beberapa negara tidak memperbolehkan LIFO. Secara umum  perusahaan dapat menggunakan FIFO dan Average. Pemilihan cara menghitung harus ditentukan dari awal dan cara itu harus dipakai. Jika metode kalkulasi dibuat berubah-ubah maka akan memunculkan kecurangan dengan suatu tujuan tertentu
  4. Nilai realisasi bersih
    Asset persediaan yang dilaporkan dalam neraca atau posisi keuangan perusahaan harus merupakan nilai realisasi yang bersih. Ini berarti jika ada sejumlah barang persediaan yang rusak harus diperhitungkan dalam neraca. Kalau ada barang yang rusak maka berarti akan mengurangi nilai realisasi bersih.
  5. Presentasi laba kotor
    Presentasi laba kotor ini adalah perbandingan antara laba kotor dengan pendapatan bersih
  6. Persediaan tambahan
    Merupakan perencanaan pembelian persediaan tambahan

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Akuntansi persediaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday