Kewajiban lancar adalah kewajiban yang jatuh temponya satu tahun atau satu periode akuntansi perusahaan. Kewajiban lancar harus menjadi perhatian perusahaan. Pastikan aset lancar lebih besar daripada kewajiban lancar. Jika kewajiban lancar lebih besar daripada set lancar maka perusahaan harus menentukan langkah-langkah untuk membayar kewajiban lancar supaya perusahaan tetap hidup dan tidak bangkrut.

Yang termasuk kewajiban lancar perusahaan antara lain:

  1. Utang usaha
    Utang usaha merupakan tagihan dari perusahaan lain yang harus kita lunasi dalam waktu dekat. Utang usaha terjadi saat kita menerima jasa atau produk dari pihak lain dan melakukan pembayaran secara kredit.
  2. Utang pajak penjualan
    Pada saat kita menjual barang, kita akan menagih seharga barang kita ditambah pajak PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dari pelanggan kita. Kita harus menyetorkan PPN ini kepada pemerintah. Jika kita memiliki PPN masukan, maka PPN keluaran akan dikurang dengan PPN masukan.
  3. Kewajiban akrual: Hutang gaji dan upah
    Pada akhir periode akuntansi mungkin ada beban gaji atau upah yang harus dibebankan pada periode tersebut tetapi akan dibayarkan pada periode selanjutnya. Beban gaji atau upah harus dibebankan dan masuk ke kewajiban.
  4. Kewajiban akrual: Hutang bunga
    Jika perusahaan mempunyai hutang, maka mungkin ada beban bunga yang harus dibebankan pada periode tersebut meskipun dibayarkan pada periode selanjutnya. Tentu saja penghitungan hutang bunga ini disesuaikan dengan jumlah bulan yang akan dibebankan.
  5. Kewajiban akrual: Pendapatan diterima di muka
    Pelanggan dapat memberikan uang muka sebelum barang/jasa diberikan kepada pelanggan. Uang muka ini masuk ke dalam kewajiban lancar.
  6. Bagian lancar dari Utang tidak lancar
    Terkait dengan cicilan utang perusahaan, mungkin ada cicilan yang harus dibebankan pada periode tersebut meskipun pembayaran dilakukan pada periode berikutnya. Tentu saja penghitungan bagian lancar ini disesuaikan dengan jumlah bulan yang akan dibebankan.
  7. Provisi untuk reparasi garansi
    Pada penjualan yang disertai garansi service atau reparasi garansi, alokasi biaya reparasi harus disertakan sebagai kewajiban lancar.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kewajiban lancar perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday