Setelah kita mempelajari berbagai variances mulai dari static budget variances, flexible budget variances, sales volume variances, selling price variances, direct materials variances, direct labor variances, direct material price variances, direct material efficiency variances, direct labor variances, direct labor efficiency variances maka kita akan mendapatkan gambar struktur varians seperti gambar berikut ini:

Pertama-tama kita membandingkan antara anggaran dan actual. Selisih antara actual yang telah dicapai dengan yang sudah dianggarkan akan menghasilkan Static budget variances.

Kita ingin membuat analisa lebih dalam mengenai Static budget variances dengan menghitung Flexible Budget. Dari analisa Flexible Budget kita dapat memecah Static Budget Variances menjadi Sales Volume variances dan  Flexible budget variances. Kita dapat melihat varians yang terjadi karena perbedaan unit yang dijual dalam Sales Volume Varians.

Selanjutnya kita memeah lagi bagian Flexible budget variances menjadi seperti gambar di atas.

Pada Direct material variances kita akan melihat lebih dalam lagi dengan membagi menjadi:

  1. Direct material price variances
    Pada direct material price variances ini kita akan melihat variance yang terjadi karena perbedaan harga actual dengan harga anggaran.
    Ini banyak menyangkut pada bagian penjualan melakukan negoisasi harga dengan supplier
  2. Direct material efficiency variances
    Pada Direct material efficiency variances ini kita akan melihat variances yang disebabkan perbedaan jumlah unit yang digunakan dalam actual dibandingkan dengan anggaran. Di sini bagian produksi yang dapat mengevaluasi penyebab varians ini terjadi

Begitu juga pada Direct labor variances yaitu varians yang terjadi karena pemakaian tenaga kerja langsung, kita dapat melihat lebih dalam dengan membagi menjadi 2

  1. Direct labor price variances
    Pada direct labor variances ini kita akan melihat varians yang terjadi karena perbedaan upah tenaga kerja antara actual dengan yang dianggarkan
  2. Direct labor efficiency variances
    Pada direct labor efficiency variances ini kita akan melihat varians yang terjadi karena perbedaan jumlah jam tenaga kerja actual dengan yang dianggarkan.

Tujuan kita mempelajari struktur varians ini adalah untuk membuat analisa mendalam mengenai perbedaan yang terjadi antara laba operasi actual dengan laba operasi yang dianggarkan. Dengan melakukan breakdown setiap varianse, maka kita dapat lebih mendetilkan analisis. Makin detil analisa, maka makin akurat pemahaman kita, dan makin akurat dalam mengambil keputusan dalaam menaikkan kinerja perusahaan yang bisa cepat diketahui melalui laba operasi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Struktur varians dalam akuntansi biaya
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday