Mail hosting adalah jasa penyewaan server dan aplikasinya untuk kepentingan penerimaan dan pengiriman email. Email merupakan aplikasi yang cukup kompleks dibanding web server. Berbeda dengan web server yang menyampaikan informasi dari one to many, email merupakan komunikasi many to many.

Dalam proses pengiriman emailpun melewati titik-titik yang cukup panjang. Saat seorang user A mengirim email dengan suatu program dia akan mengirimkan pesan dia ke suatu server tertentu misal server A. Dari server A kemudian mengirimkan ke server tujuan misalnya server B. Seseorang misalnya user B yang merupakan alamat penerima email ini kemudian mendownload emailnya di server B.

Jadi dari penjelasan di atas pengiriman email dimulai dari user A – server A – server B – user C. Proses perjalanan pesan ini tidak terjadi secara instant tetapi berjalan secara merambat, dengan demikian saat user A mengirimkan pesan tidak secara otomatis sampai di user B pada saat yang sama.

Perjalanan dari titik satu ke titik lain tidak terjadi secara mulus. Kendala bisa muncul antara satu titik dengan yang lain terutama kendala tersedianya jaringan. Jaringan dari user A ke server A, dari server A ke server B, dari server B ke user B mungkin saja putus ataupun penuh saat pengiriman dilakukan. Dengan demikian di setiap titik ada manajemen antrian karena situasi ini.

Selain itu ada kemungkinan alamat penerima salah sehingga pesan dikembalikan lagi ke pengirim. Bisa juga penerima dan pengirim salah sehingga harus ada prosedur bounce, tidak boleh bounce terus-terusan tiada akhir.

Masalah lain adalah masalah spam, yaitu seorang user mengirin email ke ribuan orang sehingga membuat mampet jaringan. Masalah lain yaitu penyebaran virus melalui email.

Email memang aplikasi yang cukup rumit, tetapi email juga merupakan sarana komunikasi yang efektif dan efisien Marilah menggunakan email secara bijak.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mail hosting adalah
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday