Kita mendefinisikan performance management sebagai proses di mana atasan atau supervisor yang memastikan bahwa staf-stafnya bekerja dan menghasilkan hasil pekerjaan yang sesuai dengan strategi dan gol perusahaan. Performance managemen memegang peranan kunci dalam mencapai keunggulan kompetitif.

Performance Management memiliki tiga komponen

  1. Mendefinisikan performance
    Pendefinisan performance yang dilakukan pada saat analisa tugas atau job analysis.
      
  2. Mengukur performance
    Dalam mengukur performanae ini kita menggunakan performance appraisal.
       
  3. Performance feedback
    Pada performance feedback ini atasan memberikan saran-saran untuk peningkatan performance dari staf-stafnya supaya sesuai dengan strategi perusahaan.

Proses dari performance management ada enam yaitu

  1. Mendefinisikan target dari divisi dan departemen
  2. Mendefinisikan target dari setiap staf
  3. Menyediakan dukungan dalam pencapaian target
  4. Melakukan evaluasi performance
  5. Menyediakan konsekuensi dari hasil performance
  6. Melakukan identifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Performance management ini proses yang terus-menerus berlangsung supaya perusahaan dapat melakukan continues improvement. Atasan perlu menjalankan proses evaluasi kinerja sebagai bagain dari peningkatan kinerja dari staf-stafnya. Atasan tidak boleh melihat evaluasi staf sebagai pekerjaan yang tidak menyenangkan. Proses evaluasi kinerja penting sebagai cara supaya kinerja karyawan sesuai dengan strategi perusahaan. Jika tidak ada evaluasi kinerja, maka karir karyawan akan merasakan karir yang tidak jelas. Dengan demikian evaluasi kinerja ini sangat dibutuhkan karyawan untuk kepastian masa depannya.

Bagi karyawan, evaluasi kinerja merupakan hal penting bagi dirinya. Tentu saja karyawan yang baik akan mengerjakan pekerjaan dengan baik dan senang mendapat pengakuan sesuai kinerjanya. Jika atasan tidak memberikan evaluasi mengenai kinerjanya, maka staf tersebut dapat merasa tidak diakui hasil kerja kerasnya dan dapat menurunkan kinerjanya. Dengan demikian maka evaluasi kinerja merupakan bagian yang baik bagi peningkatan produktivitas karyawan dan juga produktivitas perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian performance management
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday