EDI merupakan kependekan dari Electronic Data Interchange. Dalam EDI ini dibuat berbagai standar pertukaran data dalam pembuatan PO (purchase order), shipping notice, invoice, payment dan lain sebagainya.  Dengan adanya EDI ini maka customer dapat membuat purchase order, di sisi vendor purchase order ini langsung bisa menjadi sales order, pada saat pengiriman shipping notice langsung dikirimkan ke pelanggan. Aplikasi yang ada di pelanggan langsung mengupdate ke dalam aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) mereka.

Dalam supply chain yang terintegrasi EDI akan membuat proses inventory menjadi sangat efisien. Pembeli datang ke toko, toko menscan barang yang dijual, pada saat scan langsung mengupdate inventory, posisi stock suatu barang kemudian diupdate ke vendor melalui EDI.
Pada saat mencapai Reorder Point, maka akan digenerate Pourchase Order otomatis ke vendor melalui EDI. Vendor kemudian membuat langkah produksi untuk membuat barang dan mengirimkan barang ke pelanggan sehingga posisi stock barang di pelanggan aman.

Pada contoh di atas vendor dapat memantau stock barang yang dijualnya di retail milik pelanggan. Vendor kemudian akan melakukan aktivitas produksi sesuai posisi stock yang ada di pelanggan. Di sini vendor dapat lebih mudah membuat perencanaan produksi berdasarkan posisi stock di retail pelanggan. Di sisi pelanggan, pelanggan tidak membuat stok yang terlalu banyak, pelanggan hanya perlu stock misalnya untuk kebutuhan satu hari atau dua hari saja dengan demikian bisa mengantisipasi kebutuhan pembeli dan juga menekan biaya penyimpanan barang.

Teknologi EDI dapat membuat supply chain berjalan cepat, otomatis dan sedikit campur tangan manusia. Dengan otomatisasi ini maka mengurangi campur tangan manusia, pengurangan campur tangan manusia ini akan meningkatkan keakuratan dan mengurangi biaya sumber daya manusia. Penggunaan EDI ini akan meningkatkan daya siang, mengurangi biaya dan menambah kepuasan pelanggan.

EDI ini akan disinggung pada pembahasan Operational Management yang berkaitan dengan supply chain, Marketing Management berkaitan dengan daya saing, dan Accounting Information System dalam hal otomatisasi dan keakuratan.

Perkembangan lebih lanjut mengenai teknologi ini adalah XML.

Informasi lebih lanjut mengenai EDI dapat dibaca di https://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_data_interchange .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengenal EDI (Electronic Data Interchange)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday