Kita pasti sudah pernah menerima, membaca dan mencetak file PDF. Dan kalau kita perhatikan ada beberapa PDF reader yang gratis kita bisa gunakan untuk membaca dan mencetak dokumen PDF. Dan kalau kita banyak menggunakan web, kita mungkin menjumpai aplikasi-aplikasi yang menggunakan PDF untuk membuat tagihan atapun user manual. Kalau kita kritis, mengapa kita menggunakan PDF padahal banyak word processor lain yang bisa digunakan.

PDF kependekan dari Portable Document Format. PDF ini pertama kali dibuat oleh Adobe. Adobe kemudian menyediakan spesifikasi PDF secara gratis pada tahun 1993. Kemudian pada perkembangan berikutnya International Organization for Standardization menerbitkan open standard mengenai spesifikasi PDF dalam ISO. Dengan adanya ISO ini maka PDF dapat dibuat dan digunakan secara bebas oleh siapa saja.  PDF semakin banyak dipakai dan saat ini secara kenyataan kita melihat bahwa PDF dijadikan standar dalam kita mengirimkan dan menerima dokumen.

Dalam melakukan web programming kita dapat membuat dokumen PDF . Dengan menggunakan TCPDF yang kita download dari http://www.tcpdf.org/ kita dapat membuat surat jalan, tagihan, purchase order dan lain sebagainya.

Jika kita ingin membuat dokumen PDF pada desktop, kita dapat mengunakan Open Office.

Kita juga dapat menggunakan Nitro PDF Reader. Setelah kita menginstall PDF Reader maka pada saat mencetak kita akan menjumpai pilihan Print To PDF.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengenal PDF
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday