SWOT adalah suatu analisa terhadap suatu permasalahan bisnis yang hasilnya digunakan untuk menentukan langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut. SWOT merupakan singkatan atau kependekan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threat.

Strengths/kekuatan dan Weakness/kelemahan merupakan faktor internal sedangkan Opportunities/kesempatan dan Threat/ancaman merupakan faktor eksternal. 

  1. Strengths
    Strengths atau kekuatan mencerminkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki.
    Kita perlu mendata apa saja kelebihan-kelebihan yang kita miliki dalam melakukan bisnis. Kelebihan-kelebihan itu antara lain mempunyai perusahaan, mempunyai patent, memiliki produk yang bagus,memiliki team kerja yang kompak dan sebagainya.
  2. Weaknesses
    Weaknesses atau kelemahan merupakan kelemahan-kelemahan yang dimiliki perusahaan. Misalnya administrasi yang kurang baik, standar kerja yang tidak jelas, perusahaan kurang dikenal dan sebagainya. 
  3. Opportunities
    Opportunity adalah peluang-peluang yang ada yang bisa memberikan keuntungan bisnis misalnya setiap perusahaan membutuhkan brosur produk atau jasa.
  4. Threats 
    Threats adalah ancaman-ancaman yang mungkin terjadi yang mengancam bisnis kita. Ancaman-ancaman tersebut misalnya pesaing banting harga, aturan baru yang mengurangi keuntungan perusahaan dan lain-lain 

Langkah-langkah selanjutnya mengambil keputusan adalah bagaimana Strengths/kekuatan-kekuatan kita dapat mengambil Opportinities/peluang-peluang tersebut. Kemudian langkah kita juga bagaimana kita mengatasi Weakness/kekurangan kita. Kemudian juga bagaimana Strengths/kekuatan mampu menghadapi threat/ancaman dari luar.

Dalam suatu perusahaan atau unit bisnis, harus ada staf-staf khusus yang memikirkan hal ini. Kita tidak boleh terjebak dalam rutinitas proses produksi karena kita bisa lengah terhadap ancaman-ancaman yang datang yang mungkin menghancurkan bisnis kita. Staf-staf khusus ini memang harus mengerti banyak hal secara mendalam menyangkut proses produksi perusahaan, situasi pasar dan langkah-langkah kompetitor. 

Perusahaan yang secara tepat mengerti SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan menerapkan secara tepat akan dapat bertahan menhdapai gempuran persaingan bisnis. Setiap orang, setiap staff perusahaan harus bekerja keras dan juga bekerja secara cerdas utuk memajukan perusahaan.

Selain bisnis, organisasi-organisasi non bisnispun dapat menggunakan analisa SWOT untuk mengidentifikasi masalah dan memecahkannya. Bahkan analisa SWOT juga bisa dipakai di dalam pengambilan keputusan pribadi menyangkut pendidikan, pekerjaan, penentuan pasangan hidup dan juga mengambil keputusan dalam keluarga. 

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Analisa SWOT
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday