Apakah bisnis yang sehat itu ? Bagaimanakah bisnis yang sehat itu ? Berikut akan dijelaskan ciri-ciri bisnis yang sehat.

  1. Profitable
    Bisnis yang sehat adalah mempunyai pendapatan yang lebih besar daripada pengeluaran. Terkait dengan profit maka kita harus berbijaksana dalam menentukan harga. Profit tidak semata-mata dari penjualan dikurangi harga beli. Faktor-faktor seperti pengeluaran iklan, menggaji karyawan, listrik, sewa kantor dan biaya-biaya lain harus dipertimbangkan.

    Laporan keuangan yang jelas dan uptodate, profit loss yang yang selalu dipantau, neraca yang selalu dimonitor dan cash flow yang selalu diawasi menjadi kunci dalam pengendalian keuangan untuk meningkatkan profit

  2. Mudah dijalankan dan dikendalikan
    Supaya mudah dijalankan dan dikendalikan maka harus ada sistem kerja yang jelas. Pembuatan SOP (Standard Operating Procedure) menjadi kunci dalam menjalankan bisnis. Perusahaan tidak boleh mengandalkan orang, tetapi harus mengandalkan sistem. Staf karyawan bisa mengundurkan diri, dan kemudian perusahaan merekrut orang baru dan orang baru mengikuti sistem.

    Bisnia yang baik harus memperhatikan kemajuan teknologi informasi untuk efisiensi dan dokumentasi kerja. Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang banyak proses bisnis yang diotomatisasi dan akan mencegah banyak kebocoran. Dan tentu saja aspek pengendalian internal harus juga diperhatikan.

  3. Mudah diduplikasi
    Bisnis model yang profitable, adanya sistem yang jelas, mudah dijelankan dan dikendalikan akan menjadi besar jika bisa diduplikasi. Ini bisa dilakukan dengan membuat franchise dan pembuatan kantor cabang. Seperti halnya manusia, bisnis juga perlu bertumbuh dan berkembang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Bisnis yang sehat
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday