Persaingan bisnis semakin hari semakin sengit. Setiap perusahaan berusaha mencari celah pasar. Perusahaan dapat memilih pada area biaya rendah atau area kualitas tinggi. Untuk supaya bisa selalu terdepan, perusahaan harus selalu mengevaluasi model bisnis yang dibuatnya.

Model bisnis menjadi kunci dalam kesiapan perusahaan dalam persaingan. Bisnis model yang efisien akan membuat ongkos operasi perusahaan menjadi lebih ringan dan akan membuat perusahaan dalam ‘lead cost operation’.

Terkait dengan model bisnis adalah juga proses bisnis. Proses bisnis yang efektif dan efisien akan menghasilkan layanan/produk sesuai harapan pelanggan. Perusahaan harus mempunyai team untuk memantau efetifitas bisnis perusahaan. Perusahaan tidak boleh terlampau puas dengan model bisnis yang sekarang sedang dijalankan. Kita harus memikirkan model-model bisnis lain yang mungkin akan meningkatkan efisiensi perusahaan atau meningkatkan kualitas layanan dan produk kita.

Team R & D atau riset and development sangat penting dalam membuat produk yang dengan ‘cost leadership’ atau product yang ‘high quality product/service leadership’. Pastikan team R & D  perusahaan terdiri dari orang-orang yang memang punya kemampuan tinggi dalam bidang itu.

Dan jangan lupa dokumentasikan setiap proses bisnis yang dihasilkan baik yang sudah atau belum dijalankan. Bisnis proses yang sudah dijalankan terapkan dalam SOP (System Operating Procedure) supaya sistem perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Pastikan juga perusahaan menggunakan aplikasi untuk operasional perusahaan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, mempermudah pengendalian perusahaan dan mencegah kebocoran sumber daya perusahaan. Pergunakanlan kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang untuk meningkatkan kinerja perusahaan anda.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Inovasi model bisnis
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday