Setelah kita mengerti tujuan presentasi, siapa pendengar kita, materi yang akan diberikan, apa kekuatan dan kelemahan kita, maka langkah berikutnya adalah membuat script untuk presentasi.

Pernahkan kita mengikuti suatu pertemuan dan setelah mengikuti pertemuan kita tidak memahami point-point penting yang dibicarakan? Kita tentu tidak ingin hal itu terjadi pada diri kita. Itulah sebabnya kita perlu membuat script yang berisi point-point penting yang akan kita sampaikan.

Setelah kita menguasai bahan presentasi maka langkah berikutnya adalah menuliskan point-point penting yang akan kita sampaikan dalam secarik kertas. Tuliskan saja point-point penting itu tanpa mengeditnya dan pasti ini akan bisa dilakukan dengan cepat karena kita sudah mempersiapkan materi dengan baik. Langkah selanjutnya adalah mengatur point-point penting tadi.

Secara umum manusia dapat mengingat dengan baik maksimal 5 hal. Untuk itu kita harus mengorganisaikan tersebut ke dalam 5 point utama. Masing-masing point utama bisa berisi sub point.
Misal:
1. Point 1
    a. Sub point a
    b. Sub point b
2. Point 2
    a. Sub point a
    b. Sun point b
3. Point 3
    a. Sub point a
    b. Sub point b
4. Point 4
    a. Sub point a
    b. Sun point b
5. Point 5
    a. Sub point a
    b. Sub point b

Dengan membuat point-point ini maka akan membantu kita dalam menyampaikan presentasi.

Dalam presentasi kita juga mengorganisasikan menjadi bagian-bagian: pembukaan, isi presentasi, kesimpulan, tanya jawab dan penutup.

Pada pembukaan akan kita jelaskan mengapa kita melakukan presentasi. Kita juga kemukakan tujuan presentasi.

Pada isi presentasi, kita akan memberikan presentasi sesuai point-point di atas. Rangkailah point-point itu dengan hubungan yang logis sehingga pendengar bisa melihat kesinambungan dengan yang lain. J
ika suatu point sangat berbeda dengan point sebelumnya, pakailah kalimat peralihan yang jelas sehingga pendengar mengetahui adanya perpindahan topik. Kalimat perpindahan bisa misalnya “kita telah membicarakan a, kemudian kita akan beralih ke pembicaraan b”.

Pada kesimpulan, rangkaikan point-point pentig dari presentasi yang telah ditentukan.

Pada tanya jawab, berikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan.

Pada penutup, ucapkan terima kasih dan sampaikan point-point yang anda pikir untuk disampaikan.

Script presentasi dapat membantu kita saat kita gugup karena baru pertama kali presentasi, kehadiran orang penting yang membuat anda minder dan kesulitan-kesulitan lain yang mungkin terjadi. Dengan demikian selalu persiapkan script presentasi anda dengan baik sebelum anda melakukan presentasi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membuat script yang rapi saat presentasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday