Model bisnis fremium adalah model bisnis yang menggabungkan client free dan client premium. Client yang free adalah client yang menikmati layanan yang disediakan tanpa membayar apapun. Client premium adalah client yang membayar layanan yang disediakan.

Dalam struktur pendapatan, pendapatan client premium akan mensubsidi silang client yang free. Kita harus pandai merancang konsep layanan yang free dan layanan yang premium.

Ada yang bermain di fitur layanan. Ada fitur layanan yang tersedia di premium tetapi tidak tersedia di layanan free. Ini bisa dilakukan oleh software antivirus dan utility lainya.
Utility FTP client misalnya, versi free tidak menyertakan ekripsi, versi premium menyertakan versi enkripsi.
Antivirus free tidak menyediakan firewall, yang bayar menyediakan firewall.

Banyak aplikasi-aplikasi yang open source  juga menggratiskan dalam pemakaian software mereka, tetapi bisa membeli layanan support. Banyak juga aplikasi-aplikasi open source yang mengratiskan pemakaian untuk dipakai sendiri, tetapi kalau dijual harus membayar.

Kita juga bisa membuat software, untuk user free tidak ada online backup, tidak bisa backup ke desktop. Untuk user berbayar bisa backup ke komputer, ada online backup

Ada juga layanan yang free untuk periode tertentu, kemudian sesudah itu harus membayar.
Operating system Windows memberikan trial pada periode tertentu, kemudian harus membayar setelah masa trial.

Prinsip dari bisnis ini adalah memberikan calon pelanggan mencoba layanan, kemudian diajak secara bijaksana untuk membeli layanan berbayar. Banyak client yang tidak nyaman dengan membeli kucing dalam karung, mereka harus mencicipi dahulu layanannya sebelum mau membayar.

Model bisnis fremium saat ini berkembang pesat di internet dan sepertinya akan terus menjadi trend dalam masa-masa mendatang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Model bisnis freemium
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday