Ada yang bilang kalau bisnis masu berhasil kita harus mengerjakan semuanya, apakah itu benar ?

Jika kita seorang yang mempunyai kemampuan teknis tertentu, kita mungkin berfikir bahwa dengan mengerjakan semuanya maka hasil kerja kita akan sempurna. Sebagai contoh adalah web designer. Web designer akan melakukan pemasaran sendiri, membuat disain sendiri, melakukan programming sendiri, dan melakukan support sendiri kepada client. Apakah ini bisnis yang bijaksana ?

Manusia hidup di dunia ini dibatasi oleh waktu. Kita memang bisa mengerjakan semua hal sendiri, tetapi kita akan terbatas dengan waktu yang diberikan kepada kita. Dengan mengerjakan semua hal sendiri maka usaha kita tidak mungkin menjadi besar karena akan dibatasi oleh diri kita sendiri.

Dengan demikian maka perlu pendelegasian. Tetapi apakah kita hanya mendelegasikan saja dan tidak ikut mengerjakan?
Sebagai seorang enterpreneur, kita memang perlu terjun dalam operasi perusahaan dalam kurun waktu tertentu, setelah itu kita harus membuat system operating procedure (SOP) sistematis dan tertulis, kemudian SOP yang tertulis ini dijalankan oleh team.

Terjun dalam keseharian operasional perusahaan diperlukan untuk memberikan teladan yang baik bagi karyawan. Leadership yang baik harus memberikan teladan bagi karyawan-karyawannya. Leader yang bekerja keras akan diikuti oleh anak buah yang bekerja keras.

Sebagai enterpreneur kita kemudian mengawasi dan memberikan dorongan agar SOP dapat berjalan dengan baik. Dalam manajemen kita harus bisa mendelegasikan tugas. Bisnis yang baik harus profitable (untung), mudah dikendalikan dan bisa diduplikasi. Proses duplikasi ini penting supaya perusahaan bisa bertumbuh dan menjadi besar.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pendelegasian tugas
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday