Articles

Pengertian OEM

OEM adalah kependekan dari Original Equipment Manufacturer adalah perusahaan yang membuat komponen yang dijual kepada perusahaan pembeli kemudian perusahaan pembeli membuat suatu produk lain yang menggunakan komponen tersebut dan produk yang menggunakan komponen tersebut dijual dengan menggunakan merk perusahaan pembeli. Dalam produk tersebut, nama komponen perusahaan adalah asli yang berisi identitas perusahaan OEM

Perusahaan pembeli juga dapat menentukan spesifikasi dan disain untuk dikerjakan perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer). Dalam hal ini, perusahaan pembeli bisa menentukan supaya perusahaan OEM mencamtumkan part-number perusahaan pembeli dan tidak mencamtumkan part-number perusahaan OEM.

Menggunakan jasa OEM bisa memangkas biaya produksi karena perusahaan OEM melakukan produksi masal.
Menggunakan jasa OEM berarti bula tidak perlu membuat pabrik dan tidak perlu membayar tenaga kerja dalam memproduksi suatu komponen. Perusahaan pembeli cukup membayar harga sesuai kesepakatan dengan pihak OEM.

Contoh penggunaan OEM yang masih mencamtumkan merek asli OEM adalah perakitan komputer.
Contoh penggunaan OEM yang tidak mencantumkan merek asli OEM adalah industri otomotif.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Manajemen Articles:
Perorangan, persekutuan (CV) dan perseroan terbatas (PT)
Karakteristik informasi yang bermanfaat
Pengertian goodwill dalam akuntansi
Pengertian white label
Pengertian OEM
Pengertian SKU (Stock Keeping Unit)
Pengertian barriers to entry
Metode Feature, Advantage dan Benefit
Company benefits
Telemarketing vs Telesales
Telemarketing adalah