Presentasi sering kita bayangkan bagaimana kita menjelaskan jasa/produk kita kepada calon pelanggan. Atau bisa juga CEO (Chief Executive Officer) yang menjelaskan prospek perusahaan. Apakah hanya itu saja ?

Presentasi tidak terbatas pada hal-hal terkait sales dan manajemen saja. Presentasi juga terkait di dalam kehidupan rumah kita. Orang tua akan menyakinkan kepada anak bahwa mereka tidak boleh minum es karena bisa mengakibatkan sakit.
Istri akan meyakinkan suami pentingnya membeli mobil baru.
Saat melamar kerja, kita berusaha meyakinkan bahwa kita adalah kandidat yang tepat.
Pihak perusahaan juga akan meyakinkan pelamar bahwa perusahaan tersebut adalah tempat bekerja yang sesuai dengan harapan pelamar.

Komponen penting dalam melakukan presentasi yang baik adalah mengenai audience kita, mengenal siapa yang kita sajikan presentasi kita. Kita harus mengenal para hadirin yang mengikuti presentasi kita. Jika yang hadir adalah staf manajemen kita tidak boleh menjelaskan secara teknis. Jika yang hadir adalah para expert, kita harus memberikan presentasi dengan content yang berkualitas

Komponen penting selanjutnya dalah diri kita dikuti materi yang kita sajikan. Kita harus mempersiapkan diri dengan baik mengenai apa saja yang akan kita bicarakan.

Tool-tool lain merupakan komponen penting selanjutnya. Powerpoint yang baik akan membantu kita memberikan presentasi yang baik, tetapi tetap saja penguasaan materi yang penting lebih penting daripada tool-tool yang membantu kita tadi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Presentasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday