Revenue streams adalah sumber-sumber pendapatan perusahaan. Perusahaan membutuhkan revenue stream supaya tetap hidup. Setiap perusahaan harus memikirkan revenue stream.

Revenue stream bisa berasal dari layanan yang bersifat sekali bayar atau one fee project. Untuk one fee project ini perusahaan akan mencharge lebih mahal untuk menjaga kas perusahaan bisa bertahan lama.

Revenue juga bisa berasal dari pendapatan yang terus berulang. Jenis revenue stream ini akan ini relatif lebih murah karena akan menjamin kelangsungan hidup perusahaan di masa depan. Revenue stream ini adalah yang tergolong langganan seperti telepon,  listrik, air, web hosting dan lain-lain. Perusahaan yang mempunyai revenue stream bersifat recurring/berulang akan lebih dapat bertahan dan berkembang.

License juga masuk dalam dalam revenue stream yang baik. Dengan pemakaian license dari pihak lain maka akan ada pemasukan perusahaan yang terus-menerus mengisi kas. License ini bisa bersifat pemakaian teknologi atau pemakaian software dalam kurun waktu tertentu.

Membuat revenue stream yang terus-menerus menuntut kita membuat bisnis model yang baik. Kita harus mencari model bisnis yang memiliki pemasukan terus-menerus dimana pelanggan-pelanggan kita berlangganan. Tentu saja kita juga harus memperhitungkan sumber daya yang digunakan untuk layanan yang kita berikan ini. 

Layanan sewa juga merupakan revenue stream yang baikl. Sewa kantor, tanah, peralatan dan lain-lain adalah revenue stream yang sehat. Perusahaan akan terus-menerus mendapatkan pendatapatan/revenue yang stabil.

Setiap pemilik bisnis harus lebih fokus kepada revenue yang stabil dan berulang dan jangan berfokus kepada one time fee project. Boleh saja kita mencari one time project, tetapi usahakanlah untuk mendapatkan biaya maintenancenya. Jika kita tidak mendapatkan maintenance feenya, tentu saja harga harus dinaikkan. 

Untuk memastikan revenue stream yang stabil, beberapa bisnis harus mencari lokasi yang baik.
Bisnis makanan akan mempunyai revenue stream yang baik jika dekat dengan lokasi perkantoran. Tentu saja rasanya juga harus enak.
Bisnis fotocopy akan memiliki revenue streams yang baik  jika dekat dengan universitas.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Revenue streams
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday