Dalam bisnis banyak hal yang harus dipelajari dan dimengerti. Kita harus mengerti produk, harus mengerti penjualan, harus mengerti team building, pajak, hukum dan lain sebagainya.

Secara umum ada tiga sumber daya utama dalam bisnis anda yang harus anda perhatikan baik-baik

  1. Uang anda
    Visi bisnis secara umum adalah mendapatkan profit atau keuntungan. Kita harus bisa menjaga cash flow perusahaan. Dalam hal ini kita harus mengetahui profit margin setiap produk, profit margin margin keseluruhan perusahaan. Kita harus membuat sistem keuangan yang sistematis dan otomatis. Aplikasi keuangan yang canggih dilengkapi dengan analisa profit secara kesuluruhan dan analisa profit per produk. Perhatikan besarnya biaya secara real seperti gaji karyawan, sewa tempat, akumulasi, pajak,ongkos transportasi dan lain-lainnya. Kesalahan dalam profit margin akan menggerus keuangan bisnis anda.
  2. Waktu anda
    Perhatikan waktu anda. Pastikan anda sebagai bisnis owner mengerjakan hal-hal yang not urgent but important. Merencanakan metting, pendelegasian tugas, memotivasi team anda adalah hal-hal yang harus anda rencanakan. Usahakan pendelegasian tugas sebaik mungkin supaya anda bisa mengerjakan hal-hal yang not urgent but important.
    Dengan perkembangan teknologi informasi yang makin cepat, kita harus memanfaatkannya untuk efisiensi bisnis kita dan juga merupakan data yang baik untuk analisa dalam tahun-tahun mendatang.
  3. Team anda
    Kita harus dapat memberikan arahan yang jelas kepada team kita. Pastikan kita mempunyai SOP (Standard Operating Procedure) yang jelas dan tertulis. Adanya SOP ini akan membuat kinerja karyawan ini menjadi lebih baik. Adanya SOP juga  membuat kita tidak tergantung kepada karyawan, tetapi tergantung kepada system. Kita juga harus melakukan controlling supaya apa yang sudah didelegasikan bisa dilaksanakan dengan baik. Kita harus membuat aturan reporting yang jelas. Jika ada meeting pastikan kita menetapkan agenda, waktu dan siapa yang harus hadir secara jelas.
    Berikan motivasi dan arahan kepada team anda. Pastikan anda memiliki departement HRD (Human Resources Development) untuk mengembangkan keahlian team anda

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Sumber daya utama bisnis anda
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday