Dalam menjalankan bisnis yang berhasil setiap orang harus mempunyai vision, action dan passion.

Vision adalah apak yang ingin dicapai dalam melakukan bisnis. Vision secara keseluruhan bisa berlangsung lama. Oleh karena itu kita bisa memecah menjadi waktu yang lebih kecil-kecil lagi. Vision itu misalnya memiliki 500 client dalam jangka waktu 10 tahun. Ini berarti 50 client per tahun, atau 5 client per bulan. Angka 500 terlihat besar, tetapi kalau dipecah pertahun dan per bulan maka akan menjadi kecil. Vision inilah yang membuat kita bersemangat. Vision ini jangan terjebak kepada materi semata, pakailah vision ini juga untuk orang lain misalnya memberikan kesejahteraan bagi orang-orang yang bekerja dengan dengan kita.

Action adalah langkah-langkah kita menjalankan vision tersebut. Kita harus menyusun langkah-langkah strategis untuk mewujudkan vision tersebut. Langkah ini tidak mudah karena kita akan mengalami tantangan-tantangan. Jika kita masuk ke dalam dunia bisnis banyak hal yang harus kita pelajari antara lain marketing, memimpin team, project manajement, mengelola keuangan , akuntansi dan lain sebagainya. Banyak hal yang harus kita pelajari dari awal.

Passion adalah semangat menjalankan action. Kita tentu bersemangat mengerjakan pekerjaan yang kita sukai, tetapi kita juga harus menyenangi pekerjaan kita. 

Vision harus juga realistis. Kita harus memastikan bahwa vision tersebut mungkin dicapai. Untuk melihat bisa dicapai atau tidak, kita bisa membuat daftar detail mengenai action-action apa yang dapat kita lakukan untuk mencapai vission tersebut. Dari action-action itu nanti akan muncul masalah pembiayaan, sumber daya manusia, marketing dan lain-lain. Dari hal-hal ini akan terlihat bahwa kita tidak bisa menjalankan bisnis sendiri, kita mungkin perlu partner untuk menjalankan bisnis yang meupakan vission kita. Kita harus memiliki jaringan-jaringan supaya kita menambah wawasan dan bisa membuat bisnis kita berjalan lebih efektif dan efisien.

Pendelegasian juga merupakan hal yang penting. Sedapat mungkin kita bisa mendelegasikan tugas sehari-hari kita kepada orang lain supaya kiat bisa membuat inovasi dalam bisnis kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Vision Action Passion
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday