Untuk mempelajari managerial accounting untuk assembly manufacturing kita dapat mempelajari proses bisnis usaha perakitan komputer. Perusahaan perakitan komputer akan membeli motherboard, processor, memory, hardisk dan chasing dan menghasilkan sebuah CPU atau Central Processing Unit.

Manufacturing Cost atau biaya produksi untuk perusahaan dengan industri perkaitan adalah

  1. Bahan langsung atau Direct material
    Bahan langsung adalah motherboard, processor, memory, hardisk dan chasing. Kita dengan mudah mengidentifikasi setiap  CPU/komputer membutuhkan sebuah motherbord. beberapa processor, beberapa memory, beberapa hardisk dan sebuah chasing pada setiap item tertentu.
      
  2. Tenaga kerja langsung atau Direct labor
    Kita tentu akan mempekerjakan beberapa karyawan yang mempunyai kemampuan merakit sejumlah tertentu pada setiap jam. Dari sini kita akan mengalokasikan suatu biaya tenaga kerja langsung tertentu untuk setiap komputer yang dirakit.
      
  3. Manufacturing Overhead atau biaya overhead:
      
    a. Bahan tidak langsung atau Indirect Material
    Kita mungkin membeli lakban atau isolasi untuk mengepak barang pada setiap komputer. Kita sulit untuk menentukan satu lakban bisa digunakan untuk berapa komputer. Untuk itu lakban masuk ke bahan tidak langsung dan dimasukkan dalam biaya overhead.
       
    b. Tenaga kerja tidak langsung atau Indirect Labor
    Dalam melakukan perakitan, mungkin ada supervisor yang mengawasi proses perakitan. Kita tidak sulit menelusuri berapa biaya yang harus dikenakan ke dalam setiap komputernya. Supervisor ini merupakan tenaga kerja langsung dan dimasukkan ke dalam biaya overhead.

    c. Other Manufacturing cost
    Dalam melakukan perakitan, kita pasti menggunakan listrik baik untuk lampu atau untuk melakukan testing pada setiap komputer yang dihasilkan. Kita sulit menelusuri berapa biaya listrik untuk setiap komputer yang dihasilkan. Kita mengalokasikan biaya listrik ini sebagai overhead. Hal yang sama juga terjadi pada biaya depresiasi, biaya penggunaan air dan lain-lain

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Biaya produksi industri perakitan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday