Dalam melakukan bisnis usahanya, ada ribuan bahkan puluhan ribu perusahaan manufaktur yang ada di dunia. Meskipun demikian secara garis besar kita dapat mengelompokkan menjadi 4 jenis perusahaan manufaktur. Empat jenis perusahaan manufaktur secara umum adalah Job Shop, Batch, Assembly dan Continuous Flow.

Berikut pembagian jenis perusahaan manufaktur secara umum

  1. Job Shop
    Perusahaan jenis Job Shop adalah jenis perusahaan manufaktur dengan volume produksi yang rendah. Perusahaan periklanan termasuk dalam jenis Job Shop.
      
  2. Batch
    Perusahaan manufaktur jenis batch ini mengerjakan banyak produk dengan volume yang kecil.
     
  3. Assemby
    Perusahaan assembly ini mengerjakan produksi massal. Volume produksi sangat tinggi, misal perusahaan yang memproduksi notebook atau perusahaan yang memproduksi mobil. Untuk perusahaan jenis assembly ini kita dapat menyebutnya perusahaan perakitan.
      
  4. Continuous Flow
    Dari namanya kita melihat bahwa perusahaan ini harus membuat produk yang terus mengalir ke masyarakat. Perusahaan minyak dan gas termasuk kategori ini di mana harus terus mengalirkan produknya untuk digunakan masyarakat.

Dalam managerial accounting kita akan mempelajari empat jenis perusahaan manufatur ini. Dengan memahami keempat jenis perusahaan manufaktur ini, diharapkan stiap akuntan dapat menerapkan managerial accounting pada berbagai perusahaan terutama perusahaan manufaktur yang ada di mana-mana.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jenis perusahaan manufaktur
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday