Kita mungkin mendapatkan IP Public yang dynamic dari ISP kita, dengan demikian router Mikrotik juga akan mendapatkan IP yang berubah-ubah. Jika kita berada di luar kantor dan ingin memanage router Mikrotik kita, bagaimana cara kita mengetahui IP Address yang sedang dipakai ? Caranya adalah dengan dynamic DNS.

Banyak penyedia dynamic dns yang ada di internet, tetapi kita kita harus memilih yang mendukung router Mikrotik. Untuk mengetahui penyedia dynamic dns yang mendukung router Mikrotik kita dapat mengunjungi http://wiki.mikrotik.com/wiki/Scripts  dan perhatikan bagian general seperti gambar di bawah ini:

Terlihat bahwa dynamic DNS yang mendukung Mikrotik adalah ChangeIp, EveryDNS, dynDNS. DNSoMatic, Hurricane Electric, dan No-IP DNS. Silahkan registrasi pada salah satu dynamic dns berikut kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Pada contoh kali ini saya mendaftar di ChageIp.com kemudian mendapatkan free subdomain kantorku.dhcp.biz .
Langkah selanjutnya adalah mengklik link script yang terkait dan dalam contoh ini adalah 
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Dynamic_DNS_Update_Script_for_ChangeIP.com  , copy script, edit konfigurasinya dan copy paste ke New terminal.

Setelah itu maka kantorku.dhcp.biz akan berisi IP yang selalu terupdate sesuai dengan IP public yang didapatkan dari ISP.

Artikel terkait adalah http://www.proweb.co.id/articles/support/dynamic_ip_mikrotik.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mendaftarkan router Mikrotik ke dynamic dns
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday