Waktu membeli router Mikrotik mungkin anda tidak mendapatkan cd atau manual booknya, terus bagaimana memulai settingnya ? Berikut akan dijelaskan bagaimana melakukan setting Mikrotik awal eskipun kita tidak mendapatkan CD atau buku panduan lainnya.

  1. Pertama-tama kenalilah tipe produk yang anda beli, misalnya RB1100AHx2
  2. Silahkan masuk ke http://www.routerboard.com dan cari tipe tersebut dan klik linknya, misal kita mendapatkan link http://www.routerboard.com/RB1100AHx2 .
  3. Dari link tersebut kita bisa mendownload informasi produk tersebut dan mencetaknya
  4. Silahkan masuk ke http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:First_time_startup .
    Di sini dijelaskan bahwa setiap router Mikrotik mempunyai IP 192.168.88.1/24 pada port ether1.
    Kita dapat menghubungkan router Mikrotik tersebut dengan laptop kita dan mengakses http://192.168.88.1, mendownload Winbox dan menjalankannya dengan username admin tanpa password.

    Jika kita gagal mengakses IP tersebut, silahkan download winbox di http://demo2.mt.lv/winbox/winbox.exe , hubungkan ether1 Mikrotik dengan notebook, jalan winbox tersebut dan pilih tombol browse untuk memilih Mac address dan connect dengan user admin tanpa password

  5. Silahkan mengunjungi http://www.proweb.co.id/articles/support/setting_dasar_router_mikrotik.html .
    Dari pengalaman selama ini,   setting dengan menggunakan command line lebih akurat dibanding dengan menggunakan menu. Dari pengalaman kita akan menentukan kapan menggunakan command line dan kapan menggunakan menu. Itu sebabnya kita perlu membuat catatan-catatan mengenai command line untuk keperluan saat diperlukan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Setting awal router Mikrotik
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday