Apache Cordova adalah platform untuk membangun native mobile applications menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Native mobile application yang didukung antara lain Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry.

Apache Cordova berisi sekumpulan API (Application Programming Interface) untuk mengakses device dari perangkat mobile. Device itu antara lain kamera, GPS (Global Positioning System), storage dan lain-lain.  Dengan menunggunakan UI (User Interface) framework seperti jQuery Mobile, Dojo Mobile atau Sencha Touch, maka kita dapat mengakses API ini. Dengan kata lain kita dapat membangun aplikasi hanya menggunakan HTML, CSS dan Javascript.

Dengan menggunakan API dari Cordova, kita tidak perlu membangun aplikasi menggunakan native code seperti Java, Objective-C dan lainnya. Kita hanya menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman web dan diinstall pada perangkat mobile yang bersangkutan. Karena menggunakan Javascript, aplikasi yang kita bangun pada suatu platform mobile dapat digunakan di platform lain dengan sedikit atau tanpa perubahan.

Aplikasi yang dihasilkan dari Cordova adalah dikemas dalam aplikasi menggunakan SDK masing-masing platform dan dapat diterapkan ke dalam platform lain menggunakan SDK platform tersebut.

Cordova cocok untuk

  1. Seorang programmer untuk perangkat mobile yang muti platform, cukup membuat sekali coding tanpa harus melakukan implementasi ulang pada setiap platform
  2. Seorang web developer di mana ada aplikasi yang perlu dijalankan pada perangkat mobile untuk mengakses aplikasi yang dibuatnya
  3. Seorang programmer perangkat mobile yang tertarik membangun plugin dalam WebView

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. http://cordova.apache.org/
2. http://cordova.apache.org/docs/en/4.0.0/ .
3. http://jquerymobile.com/ .
4. http://dojotoolkit.org/ .
5. http://www.sencha.com/products/touch/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Apache Cordova sebagai cross platform mobile development
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday