Microsoft meluncurkan Visual Studio Community 2013 yang gratis untuk programmer dan perusahaan kecil (bukan enterprise). Bagi programmer baru yang senang dengan kebebasan maka ini merupakan berita yang menarik. Programmer dapat dengan tenang membuat program secara legal dan dapat menjual dengan sah juga. Untuk perusahaan besar memang tidak diperbolehkan menggunakan Visual Studio Community 2013 yang gratis, perusahaan besar harus membeli Visual Studio yang berbayar dan ini wajar karena perusahaan besar mempunyai keuangan yang cukup untuk membeli software Microsoft.

Dengan menggunakan Visual Studio Community 2013 ini kita dapat membuat program Windows Desktop dengan bahasa antara lain Visual Basic  dan Visual C#. Jika kita sudah terbiasa dengan bahasa Java, PHP atau Javascript maka kita akan menyenangi menggunakan C# karena sintaknya mirip.

Visual Studio Community 2013 ini juga penting dalam membuat aplikasi desktop. Kegunaan lain yang sangat penting adalah memudahkan integrasi aplikasi kita dengan hardware atau perangkat keras. Kebanyakan SDK (System Development Kit) biasanya memberikan informasi mengenai pemrograman melakukan akses terhadap hardware mereka, dan biasanya bahasa yang digunakan pasti ada Visual Basic atau C#. Contoh SDK adalah SDK untuk printer barcode dan SDK untuk finger print.

Terkait dengan Aplikasi Mobile, ada Visual Studio Tools for Apache Cordova. Dengan Apache Cordova kita dapat dengan mudah membuat aplikasi mobile cross platform. Jika kita ingin membuat plugin pada Apache Cordova kita dapat menggunakan C# untuk membuat plugin.

Dengan diluncurkannya Visual Studio Community 2013 yang free ini, maka programmer aliran open sourcepun harus belajar untuk memudahkan integrasi aplikasi dengan hardware-hardware yang diperlukan aplikasi kita.

Update: Setelah 30 hari silahkan cek apakah expired atau tidak.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. https://www.visualstudio.com/en-us/products/visual-studio-community-vs.aspx .
2. https://www.visualstudio.com/en-us/explore/cordova-vs .
3. https://www.visualstudio.com/en-us/products/free-developer-offers-vs.aspx .
4. https://www.visualstudio.com/support/legal/dn877550 .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengenal free Visual Studio Community 2013
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday