Articles

Operations Management Article:

19 November 2015

Pengembangan kualitas kaizen

Kaizen merupakan bahasa Jepang yang kalau kita mengerti dalam bahasa Inggris dimengerti sebagai improvement. Kalau dalam bahasa Indonesia kita dapat memahami peningkatan kualitas atau

More

18 November 2015

Peran karyawan dalam penyempurnaan mutu

Pelatihan karyawan dan pengembangan karyawan merupakan sarana penting dalam penyempurnaan kualitas atau peningkatan mutu. Karyawan terlatih

More

17 November 2015

Mengukur kepuasan pelanggan

Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan perlu mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan para pelanggan. Keinginan dan kebutuhan para pelanggan ini kemudian disampaikan kepada team yang

More

13 November 2015

Alat bantu manajemen mutu

Hal penting dalam menajemen mutu adalah mengidentifikasi secara cepat permasalahan kualitas atau mutu, mencari penyebab masalah mutu dan mencegah permasalahan mutu ini muncul lagi. Ada

More

03 November 2015

Manajemen mutu dalam rantai pasokan

Pada artikel sebelumnya kita telah membicarakan pentingnya kepuasan pelanggan bagi kelangsungan perusahaan kita. Kalau kita melihat rantai pasokan atau supply chain, maka kita melihat bahwa kita

More

02 November 2015

Pentingnya kepuasan pelanggan

Berbicara mengenai manajemen mutu, kita sangat perlu memperhatikan mutu dari sisi yang dilihat oleh pelanggan. Memberikan produk dengan mutu sesuai harapan pelanggan akan mendatangkan kepuasan

More

28 October 2015

Mengenal ISO 9001

ISO 9001 merupakan bagian dari standar ISO 9000 yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Perkembangan trend bisnis dan ekonomi menyebabkan ISO 9001 terus diperbarui. Versi ISO

More

27 October 2015

Mengenal ISO 9000

ISO 9000 ini merupakan standarisasi aspek-aspek  dalam manajemen kualitas. ISO 9000 ini berisi  ISO-ISO yang merupakan standard-standard terbaik yang sudah dikenal oleh umum. ISO 9000

More

20 October 2015

Pengertian TQM (Total Quality Management)

TQM merupakan kependekan dari Total Quality Management, merupakan perkembangan lebih lanjut dari peningkatan kualitas yang dibicarakan oleh

More

19 October 2015

Pengertian QMS (Quality Management System)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian kualitas di mata pelanggan, pengertian kualitas di mata produsen, dan pengertian kualitas

More