Jika kita ditanya kualitas, apakah kualitas itu ? Mungkin beberapa jawaban akan seperti ini :

  1. Kualitas barang sesuai dengan yang anda bayar
     
  2. Kualitas barang melebihi dari yang saya bayar
     
  3. Barang itu berkualitas kalau sesuai dengan harapan saya
     
  4. Barang berkualitas itu barang yang tanpa cacat
     

Perusahaan memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pelanggan menginginkan barang yang berkualitas menjadi dasar perusahaan membuat barang dan jasa yang mempunyai nilai tinggi dan berkualitas. Pelanggan tahu mana barang yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas kemudian melakukan pembelian sesuai penilaian ini. Ini berarti kita sebagai vendor harus dapat memahami kualitas apa yang diharapkan atau dilihat oleh calon pelanggan kita. Jika kita memberikan tekanan kualitas kepada apa yang diharapkan oleh pelanggan kita maka kita mempunyai peluang memenangkan persaingan.

Pelanggan merupakan ujung tombak penjualan kita. Pelanggan mempunyai peranan penting dalam proses produksi. Kita harus benar-benar memperhatikan kualitas yang diharapkan pelanggan dalam memproduksi barang dan jasa kita. Di sini kualitas harus benar-benar dikaitkan dengan kualitas dari sisi pelanggan atau kualitas di mata pelanggan.

Dimensi kualitas dari barang yang dilihat pelanggan antara lain kinerja barang, fitur barang, ketahanan barang, sesuai dengan standar yang umum berlaku bagi barang tersebut, umur kegunaan barang, kemudahan layanan perbaikan, disain barang, keamanan dan lain-lain.

Dimensi kualitas untuk jasa di mata pelanggan adalah ketepatan waktu, pemenuhan semua janji. keramahan, konsistensi, kemudahan, kenyamanan, keakuratan dan kecepatan menanggapi pelanggan.

Mengerti cara pandang pelanggan dalam melihat kualitas barang dan jasa yang kita berikan akan memberikan kesempatan untuk melayani pelanggan lebih baik kemudian meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat pelanggan loyal terhadap barang dan jasa kita. Oleh sebab marilah kita perhatikan baik-baik cara kita melayani pelanggan supaya pelanggan puas dengan barang dan jasa yang kita berikan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kualitas di mata pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday