Kalau sebelumnya kita telah membahas kualitas di mata pelanggan, maka selanjutnya kita melihat kualitas di mata produsen. Untuk kualitas yang dilihat oleh produsen adalah bahwa realitas telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dalam bahasa asingnya disebut quality of conformance.

Penyedia barang dan jasa yang baik akan melakukan riset, membuat disain barang dan jasa, membuat spesifikiasi, kemudian diakhiri dengan menjalankan layanan jasanya atau melakukan proses produksi dari barang yang telah didisain lengkap dengan spesifikasinya.

Pada saat barang selesai dibuat, produsen menilai kualitas berdasarkan dengan spesifikasi yang telah dibuat. Jika hasil proses produksi pada barang ini sesuai dengan disain dan spesifikasinya maka bisa dikatakan bahwa barang tersebut berkualitas.
Selain itu kita juga mengerti bahwa barang yang diproduksi harus disesuaikan dengan daya beli pelanggan. Jika barang bagus tetapi harganya tidak dapat dijangkau pelanggan, maka barang itu tidak ada gunanya. Oleh karena itu biaya untuk memproduksi barang tersebut harus di bawah harga di mana pelanggan mau membeli produk tersebut.

Dalam jasa misalnya hotel, tentu ada aturan SOP (Standar Operation Procedur) mengenai tingkat kebersihan dan kerapian kamar sebelum tamu yang menginap datang. Jika kebersihan dan kerapihan kamar sesuai dengan yang telah ditetapkan maka kita dapat katakan pengelola hotel telah memberikan kualitas yang baik.

Untuk menghasilkan kualitas yang baik ini mencakup banyak hal dari berbagai lini. Bahan baku yang bagus, proses produksi yang efisien, tingkat pengendalian kualitas yang handal, pengawasan yang ketat mengenai biaya menentukan pencapaian kualitas dari sisi produsen. Selain itu juga kemampuan pegawai dalam mengerjakan tugasnya, kemampuan supervisor memimpin rekan-rekan kerjanya, tingkat wawasan dari top manajemen menentukan kualitas barang dan jasa dari sisi produsen.

Dan tentu saja supaya kualitas dari sisi produsen ini bisa menghasilkan penjualan, produsen harus bisa memahami kualitas dari sisi pelanggan seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kualitas di mata produsen
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday