Sebuah perusahaan yang lahir pasti ada penyebabnya. Dari penyebab itu kemudian muncul apa hal utama yang akan dikerjakan perusahaan itu. Ini kemudian memunculkan primary task atau tugas utama dari perusahaan tersebut.  Primary task atau tugas utama perusahaan inilah yang merupakan tujuan dari perusahaan tersebut. Dari tugas utama ini kemudian diputuskan mau masuk di area kompetisi yang mana. Primary task ini memunculkan semacam mission seperti ‘Meningkatkan kinerja perusahaan pelanggan melalui aplikasi terintegrasi’.

Berbicara mengenai core competencies atau kompetensi utama perusahaan merupakan cara bagaimana perusahaan bekerja dengan lebih baik dari pada perusahaan lain. Core competencies ini merupakan hal yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Core competencies ini memungkinkan perusahaan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, layanan pelanggan yang bagus, cepat dalam layanan antar ke pelanggan, biaya yang lebih murah dibanding dengan perusahaan lain dan sebagainya.

Core competencies ini harus terus dikembangkan supaya bisa bersaing dengan perusahaan lain. Kompetensi utama perusahaan ini bisa berubah sesuai situasi yang terjadi. Ada perusahaan yang mau masuk ke core competencies harga murah, tetapi kepuasan pelanggan berkurang jauh, sehingga tidak meneruskan ke core competencies harga murah.

Core competencies ini harus terus dikembangkan sesuai kebutuhan pelanggan dan juga persaingan di pasar. Kerjasama human resources, management, finance, operational dan marketing perlu dalam terus mengembangkan kompetensi utama perusahaan.

Idealnya perusahaan sudah mendefinisikan primary task dan core competencies sejak awal berdiri. Kalaupun ada perubahan ya perubahan sedikit dan masih mengikuti koridor yang sudah dirumuskan sejak awal. Tidak memiliki primary task dan core competencies memiliki resiko tidak bisa bersaing di pasar dan mati dalam persaingan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Tugas utama dan kompetensi utama perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday