Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan atau ide dari sumber (yang berbicara) kepada pendengar. Kita berharap apa yang kita pikirkan, kemudian kita bicarakan, lalu didengar dan kemudian pendengar mengerti seperti yang kita pikirkan. Tetapi kadang-kadang dalam kita bisa melakukan komunikasi, seriing terjadi salah paham. Untuk mengurangi salah paham dalam berkomunikasi kita perlu mengerti aliran informasi dalam melakukan komunikasi.

Aliran informasi dalam komunikasi adalah

  1. Pembicara memikirkan
    Pembicara tentu mempunyai ide yang akan disampaikan. Tetapi kalau ide itu tidak disampaikan, maka ide itu tidak pernah akan dimengerti oleh orang lain. Supaya orang lain itu dimengerti oleh orang lain, maka perlu disampaikan baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pembicara berbicara
    Pembicara kemudian menyampaikan ide itu dalam pembicaraan. Proses ini merupakan konversi dari ide menjadi kalimat. Tentu saja kalimat yang digunakan belum tentu mewakili 100% ide. Kalimat bisa menambahkan ide atau mengurangi ide. Di sini jelas bahwa ada noise saat seorang berbicara untuk menyampaikan apa yang ada di pikirannya.
  3. Pendengar mendengar
    Pendengar kemudian mendengar apa yang dikatakan pembicara. Pendengar tentu tidak hafal 100% apa yang telah dikatakan oleh pembicara. Jadi waktu mendengarpun ada noise.
  4. Pendengar memikirkan dan melakukan interprestasi apa yang telah didengarkannya.
    Setelah pendengar mendengarkan apa yang telah disampaikan pembicara, pendengar kemudian akan membuat interprestasi atas apa yang didengarnya.
    Dilihat dari proses ini maka apa yang dipikirkan pendengar belum tentu sama 100% dengan apa yang dipikirkan pembicara.
  5. Pendengar memberikan feedback
    Pendengar kemudian akan memberikan response yang merupakan feedback atas apa yang telah didengarnya. Feedback ini memberi kesempatan kepada pembicara untuk memperjelas, menambah informasi yang masih kurang atau memperbaiki atas informasi yang mungkin salah dipahami

Siapapun termasuk sales harus mengerti proses ini. Seorang sales harus dapat menyampaikan informasi dengan tepat dan dapat membaca response dari calon pembelinya. Untuk memperjelas informasi, seorang sales dapat membawa gambar atau alan presentasi yang mempermudah calon pembeli mengerti produk dan jasanya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Aliran informasi dalam komunikasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday