Terkait dengan jalur distribusi barang yang telah dibahas pada artikel sebelumnya maka akan ada empat macam promosi dasar untuk menjangkau pelanggan baik individu maupun perorangan, yang akan menjangkau grosir, peritel, konsumen atau perusahaan industri.

Empat macam promosi dasar adalah

  1. Penjualan oleh staf penjualan
    Di sini penjual akan menghubungi prospek, melakukan aktivitas prospecting hingga tercapai penjualan.
  2. Iklan
    Dengan iklan, maka perusahaan akan mendidik calon pelanggan mengenai produk yang dijual. Iklan dapat dipasang pada bilboard, radio, televisi, koran, majalah dan lain-lain. Pelanggan akan dididik mengerti fitur, keunggulan dan manfaat. Calon pelanggan juga diberika informasi di mana barang tersebut dapat dibeli.
  3. Public Relation
    Perusahaan menggunakan public relation, konferensi pers untuk menyatakan identitas perusahaan dan produk. Ini biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar.
  4. Promosi penjualan
    Untuk mendukung penjualan kepada grosir atau peritel, perusahaan dapat memberika promosi penjualan misalnya pemberian diskon, pemberian barang contoh, kontes tertentu dan lain-lain
    Bisa juga perusahaan melakukan promosi penjualan dengan membuat pricing tertentu untuk konsumen-konsumen yang datang ke peritel.

Secara umum perusahaan akan menghabiskan banyak dana pada penjualan oleh staf penjualan karena akan langsung mendapatkan penjualan. Contohnya adalah perusahaan yang menjual komputer untuk perusahaan lain akan mengandalkan penjualan oleh staf penjualan.

Ada juga perusahaan yang menghabiskan anggaran untuk memasang iklan contohnya adalah perusahaan yang menjual barang-barang pribadi atau consumer goods.

Perusahaan dengan pelanggan industri mungkin akan menggunakan banyak anggaran untuk promosi penjualan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Empat macam promosi dasar
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday