Personalitas dari calon pembeli mempengaruhi produk dan jasa yang akan dibelinya. Personalitas merupakan bagian dari karakter bawaan, sikap dan kebiasaan dari orang tersebut. Dengan mengenali personalitas calon pembeli, akan memudahkan team sales untuk mengetahui produk atau jasa yang mungkin bisa dijual kepada calon pembeli tersebut.

Salah satu bagian dari personalitas adalah konsep diri. Konsep diri merupakan cara pandang mengenai diri orang itu baik dari bagaimana keadaan nyata dirinya, keadaan bagaimana dia melihat dirinya, keadaan ideal yang diharapkan, keadaan dimana orang akan menghargai dan menghormati dirinya..

Secara umum orang akan membeli sesuai dengan konsep diri yang sudah terbentuk pada orang tersebut. Kepandaian team sales mengenali konsep diri dari pembeli akan memudahkan team sales mengarahkan produk atau jasa sesuai kepribadian calon pembeli tersebut. Setiap orang dan juga calon pembeli memiliki empat sisi konsep diri yaitu

  1. Real Self
    Ini adalah keadaan nyata dari orang tersebut. Dan tentu saja yang paling mengetahui diri sendiri secara 100% adalah sang pencipta yaitu Tuhan sendiri
  2. Self Image
    Self Image merupakan kesadaran diri orang tersebut mengenail dirinya. Mengenali keadaan nyata diri sendiri oleh diri sendiri mungkin merupakan penilaian yang paling mendekati realitas, tetapi mengenali diri sendiri dari sudut pandang diri sendiri juga memiliki keterbatasan.
  3. Ideal Self
    Ideal Self adalah kesadaran terhadap diri sendiri bagaimana seharusnya dia bisa mencapai aktualisasi diri. 
  4. Looking-glass self
    Looking glass self merupakan keinginan dari diri orang itu bagaimana seharusnya orang menghargai dan menghormati dirinya.

Team sales dapat mendekati prospek dengan salah satu sisi tersebut. Penjual furniture mungkin akan menonjolkan keteraturan untuk calon pembeli yang memandang dirinya sebagai pribadi yang senang dengan keteraturan dan seni.

Penjual mobil mungkin akan menunjukkan bahwa dengan membeli mobilnya maka ia akan terlihat keren jika melihat calon pembeli yang ingin dilihat sebagai sosok keren.

Penjual asuransi akan menekankan perlindungan terhadap keluarga untuk seorang bapak yang ingin dihargai keluarganya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengenali konsep diri calon pembeli
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday